Beranda Ekonomi Bisnis Gagang Rejeb Sidi, Tembakau Khas Tulungagung Menjadi Varietas Unggulan Nasional

Gagang Rejeb Sidi, Tembakau Khas Tulungagung Menjadi Varietas Unggulan Nasional

BERBAGI

Tulungagung, AGTVnews.com – Tembakau khas Tulungagung, Gagang Rejeb Sidi, menjadi varietas unggulan tembakau lokal. Hal ini setelah dilakukan serangkaian penelitianĀ oleh badan Penelitian Tanaman Serat dan Pemanis (Balittas). Tembakau ini, memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan tanaman tembakau lainnya. Diharapkan dengan varietas unggulan ini, hasil panen tembakau petani dan penjualannya meningkat.

Gagang Rejeb Sidi merupakan varietas tembakau lokal yang memiliki keunggulan dibandingkan lima varietas lokal lainnya. Keunggulan tembakau lokal ini diantaranya menghasilkan tembakau rajangan kering rata-rata 9 kuintal per hektar. Pada saat cuaca bagus, mampu menghasilkan 1,2 ton per hektar, serta lebih tahan terhadap serangan penyakit layu bakteri.

Menurut peneliti Balittas, Djajadi, varietas lokal Tulungagung memiliki kadar nikotin
yang tinggi mencapai 4,04 persen. Dengan kadar nikotin yang tinggi ini sangat cocok sebagai tembakau rajangan untuk bahan rokok kretek, sebagai pengganti tembakau Madura yang saat ini sudah over suplay.

“Tembakau ini sudah melalui penelitian dan memiliki keunggulan dibandingkan lima varietas tembakau lokal yang ikut diteliti. Tembakau ini memiliki kadar protein tinggi yang cocok sebagai tembakau rajangan,”ujar Djajadi.

Sementara itu, Bupati Tulungagung, Syahri Mulyo mengatakan, dengan ditetapkannya varietas lokal unggulan, tembakau Gagang Rejeb Sidi ini, diharapkan menjadi tembakau unggulan asal Tulungagung. Dengan adanya tembakau unggulan ini diharapkan bisa meningkatkan hasil panen dan penjualan petani tembakau.

“Dengan adanya varietas ini Pemkab Tulungagung, berkomitmen untuk membantu petani tembakau. Bantuan ini mulai dari masalah pupuk hingga peningkatan hasil panen. Dalam waktu satu tahun Pemkab Tulungagung menerima dana bagi hasil cukai tembakau senilai Rp 14 miliar,” ujar Syahri Mulyo.

Dari sembilan belas kecamatan di Kabupaten Tulungagung, enam kecamatan diantaranya menjadi sentra pertanian tembakau. Selama ini hasil tembakau Tulungagung banyak digunakan untuk memasok kebutuhan tembakau disejumlah pabrik rokok nasional.

Reporter: Wawan Setiawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here