Beranda Peristiwa Jalur Akses Belum Dibuka, Pacitan Masih Terisolir

Jalur Akses Belum Dibuka, Pacitan Masih Terisolir

BERBAGI

Pacitan, AGTVnews.com – Kabupaten Pacitan hingga saat ini, masih terisolir, Rabu (29/11/2017). Sejumlah akses jalan menuju ke kota kelahiran presiden SBY ini masih tertutup total. Jalur ini tertutup total akibat adanya timbunan material longsoran setinggi 2 meter. Jalur antara Pacitan-Ponorogo tertutup di Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo. Sedikitnya tiga titik longsor mengakibatknya jalur ke Pacitan tertutup.

Sementara itu, kondisi banjir di Kabupaten Pacitan masih belum sepenuhnya reda. Warga khawatir hujan yang terus turun mengakibatkan tanggul penahan sungai Girindulu akan jebol, karena tidak kuat menahan debit air.

Menurut salah satu warga yang tertahan di luar Pacitan, Retno, dirinya memilih petugas untuk membersihkan material longsoran, agar bisa kembali pulang ke Pacitan.

“Sudah dari semalam ini menunggu petugas membersihkan material longsoran. KIta tidak bisa masuk ke Pacitan. Tapi tetap menunggu setelah petugas selesai membersihkan material longsoran tersebut,” ujar Retno.

Dari data yang ada, lima akses jalur ke Pacitan terputu, diantaranya jalur Ponorogo-Pacitan terputus di Slahung akibat kondisinya longsor, kemudian jalur Ponorogo-Ngadirojo (Wonogiri)-Pacitan terputus akibat kondisi banjir.

Sementara jalur Ponorogo-Ngrayun-Tulakan-Jalan Lintas Selatan kondisi longsor di Desa Ngadirojo, kemudian jalur Ponorogo-Gemaharjo (Pacitan) kondisinya longsor, serta jalur Pacitan Arjosari-Wonogiri, Purwantoro (Jawa Tengah) terputus akibat jembatan ambrol di Kecamatan Nawangan.

Sampai saat ini, komunikasi melalui pesawat radio maupun seluler di wilayah Pacitan sedikit terhambat karena adanya pemadaman listrik. Sementara untuk lokasi pengungsian warga ada di GOR Pacitan dan Masjid Sirnoboyo.

Petugas gabungan dari TNI,Polri dan Basarnas dibantu alat berat terus berupaya melakukan evakuasi material longsoran dan membuka jalur kearah Pacitan.(*)

Reporter: Bagus Jatikusumo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here