Beranda Ekonomi Bisnis Kreasikan Karpet Talang Air Menjadi Wayang Kulit

Kreasikan Karpet Talang Air Menjadi Wayang Kulit

BERBAGI

Tulungagung, AGTVnews.com – Seorang pengrajin wayang kulit, Mujiono warga Desa Tanjung Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung ini membuat wayang kulit dari bahan yang tidak biasa.

Pada umumnya wayang kulit terbuat dari kulit sapi ataupun kulit kambing, namun ditangan Mujiono justru wayang ini terbuat dari bahan karpet talang air. Bila dilihat sepintas tidak ada yang berbeda dari wayang kulit buatan Mujiono ini.

Mujiono yang juga merupakan seniman lukis ini memilih karpet talang agar bisa mendapat bahan baku pembuatan wayang yang lebih murah. Mujiono ingin wayang kulit ini bisa lebih dikenal anak-anak.

“Saya ingin anak-anak bisa ikut memainkan wayang kulit ini. Tapi kalau menggunakan kulit sapi atau kambing pasti harganya sangat mahal. Dengan menggunakan karpet talang ini bisa lebih awet dan murah harganya,” ujar Mujiono.

Dalam satu hari Mujiono mampu menghasilkan 20 wayang dengan beberapa karakter. Satu buah wayang karpet talang ini dijual dengan harga antara Rp 5 ribu hingga Rp 10 ribu rupiah, tergantung model dan ukuran wayang.

Pemasaran wayang talang ini hanya dilakukan dari mulut ke mulut. Hanya warga lokal Tulungagung sajalah yang membeli produk wayang karpet Mujiono ini. Dengan harga jual yang murah, diharapkan anak-anak bisa membelinya dan semakin mencintai kesenian peninggalan nenek moyang ini.(*)

Reporter: Wawan Setiawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here