Beranda Peristiwa Tradisi Sholawat dan Tebar Koin Warnai Milad Nabi Muhammad SAW

Tradisi Sholawat dan Tebar Koin Warnai Milad Nabi Muhammad SAW

BERBAGI

Kediri, AGTVnews.com – Ratusan warga ikut meriahkan tradisi unik Sholawat dan tebar uang koin dalam peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW di Masjid Wakaf Kelurahan Jamsaren Kecamatan Pesantren Kota Kediri Jawa Timur, Kamis malam (30/11/2017).

Tradisi tebar koin yang sudah berjalan sejak puluhan tahun silam ini merupakan agenda rutin yang diselenggarakan oleh kaum muslim setempat. Secara sukarela warga sekitar membawa kepingan uang koin dan disebarkan di halaman masjid sembari melantunkan Sholawat secara berjamaah.

Menurut pengurus Takmir Masjid Wakaf Jamsaren, Muhammad Zubaidi Ansori, tradisi tebar koin dilakukan secara turun-temurun. Selain itu, tradisi ini memiliki makna untuk mengajak masyarakat terutama kalangan anak-anak gemar bersedekah sekaligus menjalin tali silaturahmi antar jamaah dan juga warga sekitar.

Masih menurut Zubaidi Ansori, tradisi yang sudah ada sejak Masjid di bangun sekitar tahun 1908 itu, merupakan wahana untuk berinteraksi antara warga satu dengan lainnya termasuk sebagai syiar agama Islam di Kota Kediri.

“Mungkin dulunya salah satu tujuan dari diadakannya tradisi ini seperti itu. Sebab dari saya kecil tradisi ini sudah ada. Alhamdulillah sampai saat ini masih di lestarikan,” ujarnya.

Saat berlangsungnya acara, nampak ratusan jamaah, terutama kalangan anak berebut koin yang disebarkan di dalam masjid. Uniknya kepingan uang koin ini sebelumnya dikumpulkan secara sukarela oleh warga sekitar setahun terakhir. Diperkirakan seluruh kepingan koin yang disebar oleh warga jumlahnya mencapai Rp 5 juta.

Selanjutnya, antar warga bertukar makanan dengan lain sebagai wujud kerekatan dan hubungan yang baik dalam bermasyarakat. Dalam peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW ini juga akan digelar pawai dan berbagai lomba lainnya.(*)

Reporter : Rianto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here