Beranda Hukum Kriminal Buru Aset Taufiqurahman, KPK Periksa Kades Suru

Buru Aset Taufiqurahman, KPK Periksa Kades Suru

BERBAGI

Nganjuk, AGTVnews.com – Menelusuri aset yang dimiliki mantan Bupati Nganjuk Taufiqurahman, KPK melakukan pemeriksaan kembali terhadap sejumlah Aparat Sipil Negara (ASN) dan juga meminta keterangan Kepala Desa Suru Kecamatan Ngetos kabupaten Nganjuk Jawa Timur.

Penyidik KPK meminta keterangan Kades Terpilih Suru, Wawan, di ruang rapat Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Nganjuk. Wawan ditemani Sumigan yang pada saat Taufiqurahman menjadi Bupati dirinya menjabat sebagai PLT Sekdes di Desa Suru Kecamatan Ngetos. Sementara Wawan merupakan Kades terpilih baru.

Saat dimintai keterangan awak media terkait pertanyaan tim penyidik KPK, Wawan tidak bersedia menjawab dan hanya berlalu begitu saja.

“Saya tidak tahu apa-apa. Waktu itu saya masih belum dilantik. Jadi saya ndak tahu apa-apa,” ujar Wawan.

Sementara itu Kabag Humas Pemkab Nganjuk, Agus Irianto mengatakan, kemungkinan tim KPK melakukan crosscek dilapangan terkait adanya dugaan money laundry atau gratifikasi yang dilakukan Taufiqurahman saat masih menjabat sebagai Bupati.

“Kemungkinan ini ada kaitannya dengan dugaan kasus pencucian uang yang dilakukan Bapak Taufiqurahman. KPK akan mengumpulkan warga Desa Suru dan akan ditanya satu satu, kemungkinan seperti itu, Ujar Agus.

Sebelumnya KPK pernah melakukan pemeriksaan di Balai Desa Suru, saat itu Taufiqurahaman masih menjabat sebagai Bupati dan dinyatakan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi oleh KPK.

Namun KPK kalah dalam pra-peradilan. Informasi yang didapat dari sejumlah sumber mengatakan Taufiqurrahman memiliki aset tanah di desa Suru Kecamatan Ngetos Kabupaten Nganjuk seluas 175 hektar. Namun belum diketahui secara pasti apakah tanah tersebut betul-betul milik Taufiqurrahman atau atas nama orang lain.(*)

Reporter: Bagus Jatikusumo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here