Beranda Pemerintahan Cuaca Ekstrim, BPBD Kabupaten Kediri Gelar Apel Bencana dan Launching Aplikasi Si-Lapna

Cuaca Ekstrim, BPBD Kabupaten Kediri Gelar Apel Bencana dan Launching Aplikasi Si-Lapna

BERBAGI

Kediri, AGTVnews.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kediri Jawa Timur selenggarakan kegiatan Apel Siaga Bencana sekaligus Launching Aplikasi Siap Laporan Bencana (Si-Lapna) berbasis Android di Lapangan Simpang Lima Gumul Kediri, Jumat (22/12/2017). Pembukaan apel siaga ini ditandai dengan dengan pelepasan balon.

Kegiatan apel ini diikuti ratusan personil gabungan TNI, Polri, Perhutani, PMK, Satpol-PP, Karang Taruna, dan Relawan. Diharapkan dengan adanya apel siaga ini, akan terbangun kolaborasi yang efektif untuk memperkuat upaya kesiap siagaan saat menghadapi bencana. Dengan dukungan Aplikasi Si-lapna diharapkan mampu mempermudah masyarakat untuk menyampaikan informasi yang cepat dan akurat.

Bupati Kediri Haryanti Sutrisno dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris Daerah (Sekda) Supoyo menyampaikan, bencana banjir dan tanah longsor dibeberapa daerah memang terjadi sangat massif dan terkadang sampai menyebabkan adanya korban baik jiwa, materi, sarana dan prasarana umum, sehingga perlu adanya pembinaan dan ketrampilan khusus terhadap para Relawan.

Selain itu pihak Pemda juga mengapresiasi terhadap upaya BPBD Kabupaten Kediri yang sudah memberikan pelatihan terhadap para relawan bencana dan akan mendukung sepenuhnya setiap kegiatan yang dilakukan oleh BPBD.

Terpisah Kepala BPBD Kabupaten Kediri, Randy Agatha menyampaikan kesiapannya dalam penanggulan dan penanganan bencana dengan selalu memonitor secara langsung maupun melalui Aplikasi Si-lapna.

“Upaya mempermudah koordinasi dengan instansi terkait maupun dengan masyarakat merupakan tindakan yang paling kami anggap tepat dengan alasan keterbatasan personil di BPBD. Selain itu pihak BPBD juga sudah menyiapkan segala keperluan yang dibutuhkan saat dalam penanggulangan bencana,” ujar Randy Agatha.(*)

Reporter : Rianto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here