Beranda Advetorial Jelang Pilkada, KPU Kota Kediri Gelar MoU dengan IDI, Himpsi dan BNN...

Jelang Pilkada, KPU Kota Kediri Gelar MoU dengan IDI, Himpsi dan BNN Kota Kediri

BERBAGI

Kediri, AGTVnews.com – Menjelang Pemilihan Walikota Kediri 2018, Komisi Pemilihan umum (KPU) Kota Kediri menggelar penandatanganan kerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) serta BNN Kota Kediri, Kamis (7/12/2017). MoU ini dilaksanakan di Kantor KPU Kota Kediri.

Sesuai peraturan KPU, Mou ini dalam rangka pengawasan dalam pemeriksaan kesehatan dan kecakapan bakal calon walikota dan wakil walikota Kediri. Rencananya bakal calon walikota dan wakil walikota akan menjalani pemeriksaan di rumah sakit tipe A di Jawa Timur. Hal ini sesuai dengan rekomendasi dari KPU Pusat. Dua rumah sakit tipe A tersebut yakni rumah sakit dr Soetomo Surabaya dan rumah sakit Saiful Anwar Kota Malang.

Ketua KPU Kota Kediri, Agus Rofik mengatakan, kerja sama ini merupakan bentuk pengawasan agar dapat melakukan pemeriksaan bakal calon, baik secara fisik dan mental dengan prosedur yang benar dan sesuai.

“Mou ini menjadi bentuk pengawasan bersama antar semua pihak. Pada¬† pemeriksaan tahun sebelumnya, tim kesehatan yang ditunjuk ada 60 orang,” ujar Agus Rofik.

Kerjasama ini mendapat apresiasi dari sejumlah instansi terkait. Selain sebagai seleksi, namun juga seorang pemimpin daerah harus memiliki kualifikasi sehat jasmani dan rohani.

Sementara itu ketua IDI Kota Kediri Edi Suprianto mengatakan, tim IDI akan mengawal dan melakukan pengawasana terhadap tes kesehatan, medical check up agar semua berjalan sesuai aturan.

 

“Kami akan bekerja dan tidak ada yang ditutupi sesuai dengan kode etik profesi,kita akan profesional,” ujar dr.Edi Suprianto.

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Kediri ini akan dilaksanakan pada tahun 2018 nanti.(*)

 

Adv.KPU Kota Kediri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here