Beranda Pemerintahan Kirab Pemuda Nusantara Berakhir di Kabupaten Blitar

Kirab Pemuda Nusantara Berakhir di Kabupaten Blitar

BERBAGI

Blitar, AGTVnews.com – Kirab Pemuda Nusantara, yang dilakukan selama 72 hari keliling Nusantara, finish dan berakhir di Kabupaten Blitar Jawa Timur, Kamis (7/12/2017). Puncak penutupan Kirab Pemuda Nusantara ini dihadiri sejumlah menteri Kabinet kerja republik Indonesia. Kegiatan ini digelar di halaman Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar.

Beberapa menteri yang hadir dalam kegiatan tersebut yakni, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrowi, Menteri Lingkungan hidup Siti Nurbaya serta Menteri Koordinator Pembangunan Manusia Puan Maharani. 72 pemuda peserta Kirab Nasional ini merupakan perwakilan dari 334 provinsi di Indonesia. Mereka menempuh perjalanan selama 72 hari keliling Indonesia.

Para pemuda ini berangkat dari dua titik yang berbeda yakni Pulau Miangas di ujung utra dan Pulau Rote di ujung Selatan. Dalam perjalanannya mereka singgah di seratus kota, untuk mengenal kekayaan budayanya.

Menurut Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, tujuan kirab Pemuda Nusantara ini sebagai ajang pemersatu bangsa.

“Dengan diadakannya Kirab Pemuda Nusantara ini, bisa menjadi ajang pemersatu bangsa. Pemuda dari 34 provinsi di Indonesia berkumpul menjadi satu dan saling mengenal kebudayaan mereka.

Tingkatkan Rasa Nasionalisme

Sementara menurut Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrowi, melalui event ini diharapkan rasa nasionalisme akan senantiasa ada dalam diri pemuda. Selain itu mereka juga dikenalkan dengan keragaman budaya, serta toleransi dan kerukunan antar umat beragama.

“Pemnuda-pemuda ini akan saling mengenal kebudayaan yang berbeda dari setiap kota yang mereka singgahi. Dengan demikian akan terpupuk rasa nasionalisme yang kuat,” ujar Iman Nahrowi.

Kabupaten Blitar sengaja dipilih sebagai tempat finish dan puncak acara kirab pemuda nasional, karena adanya sejarah yang dimiliki. Di Blitar bersemayam Proklamator RI Bung Karno serta abu Raden Wijaya, Raja Pertama Majapahit.(*)

Tim Liputan AGTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here