Beranda Hukum Kriminal Rugikan Negara Rp 180 Juta, Pejabat Satpol PP Tulungagung Ditahan Kejaksaan

Rugikan Negara Rp 180 Juta, Pejabat Satpol PP Tulungagung Ditahan Kejaksaan

BERBAGI

Tulungagung, AGTVnews.com – AD (51 tahun) seorang pejabat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Tulungagung Jawa Timur ditahan Kejaksaan Negeri Tulungagung. Tersangka ditahan atas dugaan kasus korupsi dalam proyek pengadaan mesin penghancur sampah plastik dan lampu penerangan tenaga surya, saat menjabat di badan lingkungan hidup, pada tahun 2015 silam. Penahanan ini dilakukan setelah tersangka diperiksa selama 4 jam lebih.

Dalam proyek yang menyeret AD tersebut, AD merupakan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Pejabat Pembuat Anggaran (PPA) di badan Lingkungan Hidup Kabupaten Tulungagung. Diduga tersangka melakukan penyelewengan sehingga mengakibatkan kerugian negara sebesar Rp 180 juta.

Menurut Kasi Intel Kejari Tulungagung, Dody Wicaksono, ada ketidaksesuaian spesifikasi barang yang dibeli. Tersangka membeli mesin pencacah limbah plastik seharga Rp 120 juta, dan lampu penerangan tenaga surya yang dipasang di kawasan wisata telaga buret, Desa Sawo Kecamatan Campurdarat, senilai Rp 60 juta.

“Tersangka selama 20 hari kedepan akan ditahan di lapasa Kelas IIB Tulungagung. Hal ini dilakukan untuk memudahkan pemeriksaan. Bila telah cukup bukti makan tersangka akan kami limpahkan ke pengadilan Tindak Pidana Korupsi Surabaya,” ujar Dody.

Dody menambahkan, setelah pemeriksaan tidak menutup kemungkinan nilai kerugian negara akan bertambah, dan akan ada tersangka lain.

Sementara itu kuasa hukum tersangka, Rudi Iswahyudi mengatakan tetap menghormati keputusan kejari terhadap kliennya.

“Saat ini kami masih belum melakukan tindakan apapun. Kami tetap menghormati apa yang dilakukan Kejari Tulungagung. Namun demikian kami tetap mengupayakan hal-hal yang bisa meringankan.”

Mesin penghancur sampah plastik dan lampu penerang tenaga surya tersebut berasal dari dana Alokasi Khusus dan APBD tahun anggaran 2015.(*)

Reporter: Wawan Setiawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here