Beranda Pemerintahan Sidak Mamin, Petugas Temukan Makanan Kadaluarsa dan Tanpa Ijin Edar

Sidak Mamin, Petugas Temukan Makanan Kadaluarsa dan Tanpa Ijin Edar

BERBAGI

Tulungagung, AGTVnews.com – Jelang perayaan Natal dan tahun baru, petugas gabungan dari Dinas kesehatan Tulungagung, Kepolisian Resort Tulungagung, Jawa Timur melakukan sidak makanan dan minuman ke sejumlah toko modern dan grosir di wilayah Tulungagung Jawa Timur.

Hasilnya petugas mendapati adanya produk makanan yang kadaluarsa dan tanpa dilengkapi ijin edar. Sidak tersebut dilakukan untuk mengantisipasi beredarnya makanan dan minuman tidak layak konsumsi, terlebih menjelang natal dan tahun baru.

Dalam sidak yang digelar selam dua hari tersebut, petugas memeriksa sedikitnya delapan toko grosir meupun swalayan. Sejumlah produk makanan yang habis masa berlakunya ditemukan, bahkan terdapat makanan yang tidak memiliki ijin edar. Produk-produk yang tidak layak tersebut diamankan petugas untuk dimusnahkan dan juga sebagai barang bukti.

Menurut Kasi Kefarmasian dan Perbekalan Kesehatan Dinkes Tulungagung, Masduki, sebagian besat makanan uang diamankan adalan berupa bahan tambahan pangan yang nomor ijin edarnya sudah habis mas berlakunya. Selain itu terdapat nomor register fiktif dan produk kemas ulang yang tidak sesuai ketentuan yang berlaku.

“Rata-rata yang kita temukan adalah makanan yang sudah habis masa edarnya. Selain itu ada juga bahan tambahan makanan yang ternyata di re-packing tetapi tidak sesuai ketentuan. Untuk makanan-makanan tersebut kita akan lakukan penyuratan terhadap produsennya dan juga intansi terkait,” jelas Masduki.

Sementara itu untuk pemilik toko yang kedapatan menjual mamin kadaluarsa dan produk tanpa ijin edar, petugas meminta pemilik toko membuat surat pernyataan. Rencananya razia seperti ini akan terus dilakukan hingga hari natal dan tahun baru nanti.(*)

Reporter: Wawan Setiawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here