Beranda Peristiwa Banjir Kiriman Terjang 4 Desa di Kediri

Banjir Kiriman Terjang 4 Desa di Kediri

BERBAGI

Kediri, AGTVnews.com – Banjir menerjang 4 desa di Kecamatan Papar Kabupaten Kediri. Hingga Senin pagi (8/1/2018), ketinggian air di wilayah yang terdampak bervariasi antara 50 centimeter hingga 1 meter. Empat desa tersebut yakni Desa Kepuh, Janti, Puhjajar dan Papar.

Salah satu lokasi banjir yang cukup parah yakni di Dusun Bulurejo Desa Papar. Di lokasi ini, ketinggian air di pekarangan hingga 1 meter. Air banjir juga masuk ke dalam puluhan rumah yang rendah.

Sugeng Pribadi, Ketua RT 1 Dusun Bulurejo Desa Papar menyatakan, air banjir datang mulai Senin dinihari. Berangsur-angsur ketinggian air terus naik meskipun hujan sudah reda. “Airnya terus naik mulai pagi. Ini sudah tidak bisa kemana-mana karena warga khawatir air terus meningkat,” ungkapnya.

Dusun Bulurejo Desa Papar, tambah Sugeng, sudah menjadi langganan banjir sejak beberapa tahun terakhir. “Ini banjir pertama di tahun 2018. Pada tahun lalu malah pernah seminggu dua kali banjir,” tambahnya.

Warga Dusun Bulurejo mengaku sangat terganggu dengan seringnya diterjang banjir, sebab sangat menggangu aktifitas perekonomian. “Kalau bisa segera dibenahi saluran irigasi dan gorong-gorong di sini,” cetus Sugeng mewakili warga lainnya.

Kapolsek Papar Polres Kediri, AKP Jufri Watratan dijumpai saat patroli di lokasi banjir menyatakan, di beberapa lokasi ketinggian air mencapai 1 meter. Namun demikian, belum dilaporkan adanya korban jiwa. warga juga belum bersedia mengungsi karena masih ingin melihat situasi dan menjaga barang-barangnya.

“Sejak dinihari memang ada peningkatan air banjir. Kita akan terus pantau bila kondisi membahayakan akan kita usulkan ke pemerintah agar warga diungsikan,” jelasnya.

Banjir yang terjadi di 4 desa di Kecamatan Papar, menurut AKP Jufri, karena adanya kiriman air dari sungai-sungai di kecamatan Plemahan dan Pagu. “Dam di wilayah Plemahan dan Pagu dibuka sehingga air numpuk di sini,” ujarnya.(*)

Tim Liputan AGTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here