Beranda Peristiwa Bokor Perunggu Berisi Koin Kuno, Ditemukan Terkubur di Lahan Perkebunan

Bokor Perunggu Berisi Koin Kuno, Ditemukan Terkubur di Lahan Perkebunan

BERBAGI

Kediri, AGTVmews.com – Sukari (53 tahun) warga Dusun Damarwulan Desa/Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri Jawa Timur, menemukan sebuah bokor perunggu yang berisi ratusan koin kuno. Bokor perunggu tersebut diduga peninggalan sebelum Kerajaan Kadiri.

Bokor tersebut ditemukan Sukari saat membuat jalan di area Perkebunan PTPN XII Ngrangkah Sepawon pada nomer kebun Ai 20. Saat koin dibersihkan, terdapat tulisan cina dan sering disebut warga ‘kepeng cino’.

“Saat saya mencangkul, seperti terkena benda keras. Ternyata setelah dilihat seperti bokor yang didalamnya penuh dengan koin yang tengahnya berlobang kotak,” ungkap Sukari.

Sukari menambahkan, sesuai rencana barang tersebut tetap diamankan atau disimpan di rumahnya sampai nanti ada penelitian dari pihak yang terkait. “Saya simpan dulu biar aman. Bila nanti diperlukan oleh pihak terkait baru saya berikan,” tambahnya.

Diperkirakan di lahan temuan tersebut juga masih ada benda bersejarah lainnya. Karena melihat Bokor tersebut, diperkirakan juga lokasi itu sebelumnya merupakan sebuah pemukiman Penduduk pada jaman dulu.(*)

Reporter: Rianto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here