Beranda Hukum Kriminal Gagal Beraksi, Kawanan Perampok Nasabah Bank Diamankan Polisi

Gagal Beraksi, Kawanan Perampok Nasabah Bank Diamankan Polisi

BERBAGI

Tulungagung, AGTVnews.com – Kawanan perampok nasabah bank, yang akan melakukan aksinya berhasil diringkus petugas Satlantas Polres Tulungagung. Penangkapan ini berawal dari adanya laporan masyarakat tentang aksi tembak ban yang terjadi di kawasan GOR Lembu Peteng Tulungagung Jawa Timur, Jumat (12/1/2018).

Menurut KBO Reskrim Polres Tulungagung, Iptu Herry Purwanto, kejadian berawal saat korban, Agustinus Santoso, warga Kecamatan Gondang, berniat menepikan kendaraannya pickup AG 8473 RH karena mengalami kempis ban.

“Korban saat kejadian, baru saja mengambil uang dari bank Mandiri bersama adiknya. Dari awal, adiknya merasa ada yang mengikuti terus. Tiba-tiba saat tiba di GOR Lembu Peteng, terdengar seperti ada suara letusan. Korban merasa ban mobilnya kempis dan mencari tempat aman untuk memeriksa,” jelas Iptu Herry Purwanto.

KBO Reskrim menambahkan, saat memeriksa ban kendaraannya, dirinya melihat ada seorang pengendara sepeda motor yang akan mencongkel pintu mobilnya, pada saat itu korban berteriak maling.

“Saat memeriksa ban, posisi uang ada di dalam mobil. Begitu melihat ada yang mau mencongkel pintu mobil akhirnya korban teriak. Karena ketakutan pelaku yang mengendarai sepeda motor langsung kabur, menyusul kawan lainnya yang saat itu mengendarai KIA Picanto dengan dengan nomor polisi W 1766 SO,” tambahnya.

Kejadian tersebut kemudian dilaporkan ke Mapolres Tulungagung, yang kemudian menyebar untuk menangkap pelaku yang sebelumnya sudah diketahui identitasnya, oleh salah satu petugas Satlantas yang kebetulan sedang melintas di lokasi kejadian.

“Akhirnya pelaku berhasil ditangkap petugas Satlantas Polres Tulungagung, saat mobil di wilayah Gondang Tulungagung,” jelasnya lebih lanjut.

Dari penangkapan yang dilakukan tersebut, empat pelaku berhasil diamankan, Rizky Saputra (48) warga Kahuripan Nirwana Vilage Kabupaten Sidoarjo, Budi waluyo (50) warga Sidorahayu Kabupaten Malang, Salman (40) warga Desa/Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan, dan Zainudin (52) warga Kelurahan Ujung Pandang Kecamatan Teluk Kota Makasar Propinsi Sulawesi Selatan, sementara satu pelaku yang mengendarai sepeda motor masih dalam pencarian petugas.

Menurut salah satu saksi, yang saat itu tengah berada di lokasi kejadian, dan ikut mengejar pelaku, Bripka Nanang Efendi mengatakan mengetahui itu, dirinya langsung berupaya mengejar pelaku.

“Dari jauh terlihat salah satu pelaku yang mengendarai sepeda motor Suzuki Satria berpindah ke dalam mobil, setibanya di SPBU Soekarno-Hatta, sepeda motor dan mobil tersebut berbalik arah ke timur. Saya tetap membuntutinya serta menghubungi anggota lain,” jelas Bripka Nanang.

Saat ini pelaku dan barang bukti berupa sebuah mobil merk KIA Picanto W 1766 SO, dua buah kunci T, hp android, sebuah ban, dan beberapa paku. Petugas masih terus mendalami otak dari komplotan tersebut.

Dari pengakuan komplotan ini, mereka sudah melakukan aksinya dua kali di Tulungagung, dan korbannya juga merupakan nasabah bank yang baru saja mengambil uang.(*)

Tim Liputan AGTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here