Beranda Hukum Kriminal PNS dan Calo KTP di Blitar Terjaring OTT Saber Pungli

PNS dan Calo KTP di Blitar Terjaring OTT Saber Pungli

BERBAGI

Blitar, AGTVnews.com – Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Polres Blitar Jawa Timur melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap seorang PNS berinisial SI, yang bekerja di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispenduk Capil) Kabupaten Blitar, Kamis (4/1/2018).

Pegawai yang mengurusi pencetakan KTP Elektronik ini ditangkap bersama dua orang calo, yang akan melakukan pengurusan beberapa berkas kependudukan. Dari ketiga pelaku, tim Saber Pungli Polres Blitar mengamankan beberapa barang bukti diantaranya, uang tunai sebesar Rp 898 ribu dan beberapa berkas kependudukan.

Tim Saber Pungli Polres Blitar, langsung melakukan penggeledahan di kantor Dispenduk Capil Kabupaten Blitar di Kelurahan Satreyan Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar. Dari penggeledahan ini petugas juga melakukan pengecekan terhadap sejumlah dokumen dan melakukan pemeriksaan catatan keluar masuknya keuangan.

Dari hasil penggeledahan dan penyelidikan yang dilakukan, petugas mengamankan tiga orang. SI, PNS Dispendukcapil bagian Pencatatan Kelahiran dan dua orang calo, SN (50 tahun), warga kecamatan Sukorejo Kota Blitar, dan SK (24 tahun) warga Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar.

Menawarkan Jalur Kilat

Menurut Kapolres Blitar, AKBP Slamet Waloya, modus yang dilakukan pelaku adalah menawarkan proses pengerjaan KTP Elektronik ataupun surat kependudukan lainnya dengan waktu yang singkat, namun dengan imbalan sejumlah uang.

“Kita telah mengamankan tiga orang pelaku dalam OTT yang dilakukan tim Saber Pungli Polres Blitar. Tiga pelaku tersebut, satu orang merupakan PNS dan dua lainnya merupakan calo pengurusan surat-surat. Mereka meminta imbalan sejumlah uang, dengan janji, pengurusan surat akan cepat selesai,” jelas Kapolres.

Kini ketiga pelaku diamankan di Mapolres Blitar untuk pemeriksaan lebih lanjut. Kasus pungutan liar tersebut masih terus didalami penyidik Satreskrim Polres Blitar.(*)

Reporter: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here