Beranda Hukum Kriminal Terjaring Razia Lalu Lintas, Pelajar Diantar Polisi ke Sekolah

Terjaring Razia Lalu Lintas, Pelajar Diantar Polisi ke Sekolah

BERBAGI

Blitar, AGTVnews.com – Menekan tingginya angka kecelakaan di jalan terutama bagi pengendara pelajar, Satuan lalu lintas Polres Blitar menggelar razia kendaraan bermotor. Rata-rata para pelajar tersebut tidak memiliki kelengkapan kendaraan bermotor maupun Surat Ijin Mengemudi (SIM).

Satu persatu pelajar bermotor yang melintas di jalan raya Desa Kalipang Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar jawa Timur ini dihentikan petugas dan diperiksa kelengkapan berkendara mereka. Bukan hanya siswa SMA saja yang terjaring razia, puluhan siswa SMP yang membawa kendaraan bermotor juga dihentikan.

Sedikitnya 300 pelajar terjaring razia tersebut. Rata-rata mereka ridak membawa kelengkapan berkendara dan tidak memiliki SIM.

Kapolres Blitar, AKBP Slamet Waluyo mengatakan, razia yang digelar tersebut untuk memberikan shock terapi kepada para pelajar, yang belum waktunya membawa kendaraan bermotor ke sekolah.

“Sebelum kita melakukan penindakan ini kita sudah melakukan sosialisasi. Sosialisasi tersebut tidak hanya ke sekolah saja, namun juga ke kelompok-kelompok belajar,” jelas Kapolres Blitar.

Tindakan ini sebagai salah satu bentuk antisipasi untuk menekan tingginya angka kecelakaan di jalan. “Para pelajar ini tidak sadar, apa yang mereka lakukan tersebut melanggar aturan dan bisa membahayakan diri sendiri serta pengendara lain di jalan raya,” tambaha AKBP Slamet Waloya.

Sementara itu, salah satu siswa, Nisa mengaku, dirinya terpaksa naik sepeda motor sendiri, karena jarak sekolah yang lumayan jauh dari rumanhnya. Selain itu tidak ada yang mengantarkan.

“Jaraknya dari rumah ke sekolah sekitar 15 kilometer, terus tidak ada yang antar. Bapak saya di sawah dan ibu saya jualan. Mau naik kendaraan umum juga susah,” kata bocah kelas 9 SMP tersebut.

Petugas melakukan penindakan dengan mengamankan kendaraan para siswa yang tanpa surat lengkap. Selanjutnya polisi mengantarkan mereka ke sekolah masing-masing dengan kendaraan patroli.(*)

Reporter: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here