Beranda Peristiwa Benda Purbakala Ditemukan di Tol Trans Jawa

Benda Purbakala Ditemukan di Tol Trans Jawa

BERBAGI

Nganjuk, AGTVnews.com – Benda purbakala ditemukan di area pembangunan tol Trans Jawa, di Desa Kemlokolegi Kecamatan Baron Nganjuk. Benda purbakala berupa pecahan keramik, batu bata, tulang belulang tersebut ditemukan di tengah-tengah lokasi jalan tol Kertosono – Madiun.

Setelah mendapat kabar penemuan benda purbakala, petugas dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Nganjuk mendatangi lokasi penemuan yang berada di tengah pembangunan jalan tol Kertosono-Madiun tersebut. Untuk mengetahui struktur benda purbakal tersebut, petugas juga melakukan penggalian.

Hasilnya petugas menemukan pecahan keramik kuno, beberapa batu bata ukuran besar, dan juga tulang belulang yang sudah membentuk fosil. Petugas memperkirakan benda-benda tersebut berusia ratusan tahun, diperikirakan pada jaman Kerajaan Majapahit.

| Baca Juga:  Hilang, Balita Ditemukan Tenggelam

Dugaan Merupakan Kampung Kerajaan

Dugaan sementara, lokasi penemuan itu dulunya merupakan perkampungan warga. Namun untuk memastikan hal ini petugas akan berkoordinasi dengan Balai Besar Kepurbakalaan Trowulan.

Karena penemuan benda purbakala ini berada tepat di tengah pembangunan jalan tol Trans Jawa, pihaknya mengaku akan berkoordinasi dengan pihak pembangun jalan tol. Untuk sementara lokasi penemuan akan diberikan garis polisi, setelah diteliti dan ditindak lanjuti, rencannya benda-benda penemuan tersebut akan di relokasi ke dalam museum.(*)

Reporter: Bagus Jatikusumo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here