Beranda Wisata Hiburan Festival Nanas Gunung Kelud Wujud Syukur Panen Melimpah

Festival Nanas Gunung Kelud Wujud Syukur Panen Melimpah

BERBAGI

Kediri, AGTVnews.com – Festival Nanas warga lereng Kelud merupakan wujud syukur panen yang melimpah. Sebanyak 5 ribu buah nanas ditata menyerupai gunungan setinggi 5 meter, kemudian dibagikan ke pengunjung setelah diberi doa oleh juru kunci gunung Kelud.

Prosesi pesta nanas gunung Kelud diawali dengan mengarak patung berbentuk menyerupai ayam dari rangkaian buah nanas, yang diberi nama pitik walik sobo kebon. Arak-arakan dimulai dari balai Desa Sugihwaras Kecamatan Ngancar Kediri, menuju parkir utama kawasan gunung Kelud.

Petani menggelar arak-arakan Gunungan Nanas

Arak-arakan patung nanas pitik walik sobo kebon, dikawal prajurit bersenjata tombak, serta gadis desa berpakaian adat jawa. Berbagai kesenian juga turut mengiringi di belakang rombongan. Patung ayam dari buah nanas ini selanjutnya didekatkan ke gunungan 5 ribu nanas setinggi 5 meter.

| Baca Juga:  Rumah Sakit Bhayangkara Kediri Terbakar Ratusan Pasien Dievakuasi

Prosesi pesta nanas dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Mbah Ronggo, juru kunci gunung Kelud. Dengan harapan warga lereng gunung kelud diberi rejeki panen nanas yang melimpah. Usai diberi doa, ribuan nanas selanjutnya dibagikan secara gratis kepada pengunjung.

Kawasan lereng gunung Kelud selama ini dikenal sebagai penghasil buah nanas terbesar di Jawa Timur. Buah nanas dari wilayah ini terkenal manis dan berukuran besar.(*)

Reporter: David Setiawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here