Beranda Ekonomi Bisnis Paket Hemat Kolektor Wayang Purwo

Paket Hemat Kolektor Wayang Purwo

BERBAGI

Kediri, AGTVnews.com – Menjadi seorang dalang atau kolektor kesenian wayang purwo, memang mebutuhkan modal tidak sedikit. Satu lakon yang dimainkan secara utuh, setidaknya membutuhkan 50 sampai 80 buah tokoh wayang. Bila satu tokoh seharga Rp 1 juta hingga Rp 2 juta, bisa dihitung sendiri modalnya.

Namun bagi anda yang gemar dengan kesenian wayang, Karmiadi punya solusinya. Pria paruh baya asal Desa Kayen Kidul Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri ini, membuat wayangpurwo dari bahan kertas duplex atau biasa disebut kertas karton.

Wayang purwo kelas paket hemat ini, hanya dibandrol harga Rp 50 ribu sampai Rp 100 ribu saja tiap tokohnya. Harga ini tentu sangat hemat karena hanya 10 persen saja dari harga wayang bahan kulit.

Didik Arya, salah satu pelajar yang mengaku hobi mengkoleksi tokoh wayang, mengaku sangat terbantu dengan kreasi Karmiadi menciptakan wayang karton. Sebab kini dirinya bisa menyalurkan kegemarannya mengkoleksi wayang dengan harga yang terjangkau.

| Baca Juga:  Penggalian Candi Gempur Adan-adan Diperluas

Proses Pembuatan Sama Rumitnya

Menurut Karmiadi, sebenarnya membuat wayang dari kulit sapi atau kertas karton, tingkat kerumitannya hampir sama. Proses pembuatannya pun mirip-mirip tidak jauh beda. Yakni dengan menggambar tokoh, melobangi media dengan tatah dan selanjutnya mewarnai sesuai karakter.

Yang membedakan keduanya adalah harga bahan baku, antara kulit sapi dan kertas karton, yang bisa dibilang seperti bumi dan langit. Namun demi kelestarian budaya jawa ini, karmiadi mengaku akan tetap berkreasi membuat wayang karton.

Kekuatan wayang karton memang tidak seperti wayang kulit, namun keberadaan wayang karton bisa menjadi solusi hemat bagi para kolektor dan dalang muda yang ingin menekuni dunia perwayangan.(*)

Reporter: David Setiawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here