Beranda Peristiwa Peringati Maulid Nabi, Warga Berebut Uang Koin

Peringati Maulid Nabi, Warga Berebut Uang Koin

BERBAGI

Kediri, AGTVnews.com – Ratusan anak dan orang dewasa hingga orang tua di Kota Kediri berebut uang koin untuk merayakan peringatan Maulid Nabi atau peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW.

Tradisi berebut uang koin yang sudah ada sejak seratus tahun lebih ini dulunya sebagai Syiar Agama Islam. Setelah sholat isya, masjid wakaf di Kelurahan Jamsaren Kecamatan Kota Kediri ini dipenuhi oleh ratusan orang jamaah yang akan melaksanakan tradisi turun temurun sejak seratus tahun yang lalu yakni berebut uang koin.

Sebelum acara berebut uang koin, para takmir masjid bersama jamaah membaca ayat-ayat suci Alquran, serta mengumandangkan Sholawat Nabi.

| Baca Juga:  Candi Gempur Adan- Adan Gurah Kembali Terkubur

Berebut Koin Yang Disebar di Lantai Masjid

Setelah itu tradisi buang uang koin dimulai. Sejumlah takmir masjid dan warga sekitar membuang uang pecahan seratus hingga seribu rupiah ke lantai masjid. Ratusan jamaah masjid yang kebanyakan anak-anak kecil ini saling berebut mendapatkan uang koin tersebut.

Meski mereka terlibat aksi saling dorong, namun mereka tetap rukun dan saling menghormati dengan sesama jamaah. Tradisi buang uang koin selain bertujuan untuk sodaqoh juga mengharapkan berkah datangnya hari maulud nabi. Selain itu, untuk mengajak anak-anak untuk rajin beribadah di masjid.

| Baca Juga:  Rumah Sakit Bhayangkara Kediri Terbakar Ratusan Pasien Dievakuasi

Bagi anak-anak tradisi sebar uang koin ini merupakan ajang bersilaturahmi dengan sesama temannya di masjid. Sementara itu, uang hasil rebutan yang terkumpul mereka pergunakan untuk kebutuhan sekolah dan membeli jajan.

Buang uang koin merupakan tradisi turun temurun sejak masjid didirikan pada tahun 1908 dengan tujuan untuk memperingati maulid nabi Muhammad SAW. Selain itu, tradisi ini dulunya adalah sebagai syiar agama Islam di Kota Kediri.(*)

Artikel Terkait : Kubah Masjid Enamel

Reporter: Wiji Guntoro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here