Beranda Peristiwa Akibat Cuaca Buruk Stok Ikan Tuna Kosong

Akibat Cuaca Buruk Stok Ikan Tuna Kosong

BERBAGI

Tulungagung, AGTVnews.com – Akibat tingginya ombak dan buruknya cuaca beberapa bulan terakhir membuat nelayan di Kabupaten Tulungagung Jawa Timur memilih untuk berhenti melaut. Kondisi ini membuat ketersediaan ikan tuna dan beberapa ikan jenis lainnya di pasar Ngemplak mengalami kekosongan. Para pedagang mengakui bahwa sejak 8 bulan terakhir tidak ada kirimian ikan tuna dari nelayan pantai Popoh dan pantai Prigi.

Pedagang ikan laut ini harus menunggu kiriman dari nelayan luar kota, seperti Pacitan Blitar dan Malang, namun kiriman hanya bisa diantar setiap 4 hari sekali. Langkanya ikan tuna di pasaran membuat pedagang harus mengambil dari daerah lain yang membuat harga ikan tuna ini naik sekitar 4 ribu rupiah. Kendati demikian harga dari ikan tuna masih stabil perkilonya 28 ribu rupiah, kalaupun ada kenaikan harga tidaklah tinggi.

Salah satu penjual ikan mengakui akibat dari cuaca buruk di wilayah pantai Tulungagung ini membuat penurunan penjualan dari pedagang ikan laut, sedangkan para pedagang tidak berani menaikkan harga jualnya.

Sementara itu, komoditas ikan jenis lain seperti ikan bandeng, patin, dan nila, masih dalam stok normal dan stabil. Harga ikan bandeng dan patin 18 ribu rupiah perkilo, sedangkan ikan nila sekitar 25 ribu perkilonya. Kenaikan hanya terjadi pada cumi-cumi yang menjadi 55 ribu rupiah dari harga 45 ribu rupiah. (*)

Reporter: Tim Liputan AGTV.