Beranda Pemerintahan Tergusur Proyek Tol, Ratusan Makam Dipindahkan

Tergusur Proyek Tol, Ratusan Makam Dipindahkan

BERBAGI

Madiun, AGTVnews.com – Ratusan makam di Desa Purworejo dan Kedungrejo, Kecamatan Pilangkeceng, Kabupaten Madiun terpaksa dipindahkan oleh para ahli waris karena lahan makam tersebut terdampak pembagunan proyek jalan tol Solo-Kertosono ruas Ngawi-Kertosono.

Pembangunan jalan tol Solo–Kertosono ruas Mantingan – Kertosono sedang berlangsung, salah satu titik yang terdampak proyek itu adalah area pemakaman di desa Purworejo dan Kedungrejo, Kecamatan Pilangkeceng, Kabupaten Madiun.

Kuburan tersebut harus dipindahkan ke lokasi baru yang tidak terdampak proyek, pemindahan ini masih dijalankan oleh warga dan ahli waris sejak hari Selasa lalu.

| Baca Juga:  KPUD Madiun Ajukan Dana Pilbub 31 Miliar

Makam Dipindah Ke Lokasi Lain

Untuk pemindahan, warga harus membongkar makam terlebih dulu, kemudian, mengumpulkan tulang kerangka yang masih bisa diselamatkan dan akhirnya menguburkannya kembali di tempat baru, makam baru ini berjarak sekitar 400 meter dari lokasi lama.

Karmun, ketua panitia pemindahan makam Desa Purworejo mengatakan jumlah makam yang dipindahkan akibat proyek jalan itu sebanyak 266 kerangka, sedangkan untuk Desa Kedungrejo sebanyak 599 kerangka. Adapun biaya untuk pemindahan makam tersebut ditanggung oleh pelaksana proyek, yakni PT Waskita Karya.

| Baca Juga:  Pelunasan Dibuka, Berapa Ongkos Haji 2018?

Proses pemindahan makam ini diprerkirankan memakan waktu satu bulan, dengan rata-rata perharinya 10 hingga 15 kerangka terpindahkan.(*)

Reporter: Tim Liputan AGTV