Beranda Hukum Kriminal Petani Blitar Dihukum 20 Bulan Karena Tanam Singkong

Petani Blitar Dihukum 20 Bulan Karena Tanam Singkong

BERBAGI

Blitar, AGTVnews.com – Seorang petani di Blitar Jawa Timur diganjar hukuman 20 bulan penjara oleh Pengadilan setempat karena dituduh menghasut petani lain untuk menanam singkong, Kamis kemarin (23/02/2017).

Dalam sidang vonis yang diketuai oleh hakim Mulyadi Ariwibowo, terdakwa Slamet Daroini dinyatakan terbukti bersalah melanggar pasal 160 KUHP yakni menghasut petani lain untuk melakukan penanaman singkong pada lahan milik PT Dewi Sri. Dalam peristiwa tersebut, sebanyak 44 petani sempat diamankan polisi namun hanya Slamet Daroini yang dijadikan tersangka.

| Baca Juga:  Tak Sesuai Bestek, Proyek Peningkatan Jalan di Blitar Viral di Medsos

Berita terkait: Cabai Impor Murah Beredar Di Pasar Blitar

Tim kuasa hukum terdakwa mengaku akan pikir-pikir terhadap putusan hakim tersebut. Kuasa hukum yakin bahwa terdakwa Slamet Daroini tidak melakukan aksi provokasi dan penghasutan terhadap petani.

Vonis hakim Pengadilan Negeri Blitar ini lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum  yang menuntut terhadap terdakwa selama 3 tahun penjara.

Seperti diketahui, peristiwa penanaman singkong di lahan yang diklaim milik perkebunan PT Dewi Sri ini terjadi pada 15 Oktober 2016 silam. Saat itu puluhan petani sekitar perkebunan beramai-ramai menanam singkong di lahan sengon yang diklaim warga sebagai lahan nenek moyang mereka. (*)

| Baca Juga:  Hasil Rapid Test, 1 ODP dan 1 PDP di Blitar Terindikasi Positif Covid-19

Reporter: Linda Kusuma Wardhani.