Beranda Ekonomi Bisnis Batik Motif Gerabah Kreasi Pemuda Nganjuk

Batik Motif Gerabah Kreasi Pemuda Nganjuk

BERBAGI

Nganjuk – Batik yang merupakan seni asli Indonesia, belakangan ini terus menggeliat. Banyak bermunculan corak dan ragam batik yang menunjukkan identitas sebuah daerah. Seperti halnya sekelompok pemuda di Desa Kalianyar Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk ini.

Berbekal teknik dasar membatik, karang taruna Desa Kalianyar ini membuat kreasi batik motif gerabah yang memang populer sebagai kerajinan khas Desa Kalianyar. Mereka dipandu seorang pembatik yang sudah mahir yakni Sulis Mani.

Saat ini usaha yang dirintis Sulis Mani, sudah mulai dirasakan oleh masyarakat sekitar. Usaha yang awalnya hanya berniat mengajari pemuda-pemudi agar mengenal batik, kini bisa menjadi penghasilan.

| Baca Juga:  Pasangan Novi-Marhen, Resmi Kantongi Rekom PDI-P

Kini batik khas Desa Kalianyar yang memiiki ciri khusus bermotif gerabah tersebut mulai dikenal karena mempuanyai ciri khas yang berbeda dengan daerah lain. Saat ini hasil karya pemuda karang taruna ini baru dipasarkan di media sosial untuk mengundang pembeli luar kota. Para pemuda ini mengharapkan bantuan pemerintah dengan memberikan kesempatan mengikuti pameran batik khas Nganjuk ini, agar agar makin populer. (*)

Reporter : Bagus Jatikusumo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here