Beranda Ekonomi Bisnis Batik Ponorogo Pingin Eksis Lagi

Batik Ponorogo Pingin Eksis Lagi

BERBAGI

PONOROGO – Batik Ponorogo yang sempat jaya pada era tahun 1970 hingga tahun 1980, saat ini mulai dibangkitkan lagi oleh Pemkab Ponorogo agar bisa eksis seperti produk batik daerah lain.

Diantara upaya Pemkab Ponorogo untuk menghidupkan kembali para pengajin batik adalah dengan menggelar seleksi motif batik yang akan jadi ciri khas batik Ponorogo.

Ada kurang lebih 20 motif batik ditampilkan oleh para model untuk nantinya dinilai dan pilih oleh para juri yang berkompeten. Setelah diseleksi, nantinya motif batik yang dipilih akan diproduksi secara massal sebagai seragam para pegawai serta seragam anak sekolah.

| Baca Juga:  Warga Terdampak Longsor Dapat Jaminan Dari Pemerintah

Baca Juga: Kenalkan Batik dan Tenun di Fashion Jalanan

Menurut Kepala Dinas Perindustrian Kabupaten Ponorogo Addin Andhanawarih, selama ini batik Ponorogo mengalami mati suri padahal pada era 1970 hingga 1980, batik ponorogo sempat dikenal secara nasional.

Saat ini ada sekitar seribu motif batik Ponorogo yang dihasilkan 40 pengrajin di berbagai tempat di Ponorogo. Pemkab akan terus menggali motif-motif batik yang sesuai dengan ciri khas Kabupaten Ponorogo, lantas melakukan promosi agar produk tersebut bisa menembus pasar batik di Indonesia. (*)

| Baca Juga:  Kreasi Motif Batik Sego Pecel

Reporter: Dinas Putra Perdana.