Beranda Tak Berkategori Calon Jamaah Haji Trenggalek Tahun Ini Bertambah

    Calon Jamaah Haji Trenggalek Tahun Ini Bertambah

    BERBAGI

    Trenggalek – Sesuai ketetapan Kementrian Agama Kanwil Jawa Timur, kuota haji untuk Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, pada pemberangkatan haji tahun 2017 ini diputuskan sebanyak 564 calon jamah haji, jumlah ini jauh lebih banyak dibanding kuota haji 2016 sebanyak 393 jamaah.

    Besarnya jatah peserta haji asal Trenggalek tahun ini tak lepas dari penambahan kuota haji secara nasional yang diberikan pemerintah Arab Saudi, yakni sebanyak 221 ribu orang dengan rincian sebanyak 204 ribu jalur haji reguler dan 17 ribu jalur haji khusus.

    Menurut  Assaat Handayono, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kementrian Agama Kabupaten Trenggalek, kondisi ini baru pertama kali terjadi di Trenggalek keberangkatan calon haji hingga melebihi satu kloter, karena sesuai ketentuan setiap kloter maksimal berjumlah 450 orang, dengan rincian 445 calon jamaah haji dan lima petugas kloter, sehingga total 450 orang.

    | Baca Juga:  Longsor Belum Dievakuasi, Jalur Masih Tertutup Total

    Kondisi ini pasti berdampak, terutama kepada jamaah yang terpecah masuk kloter daerah lain. Terpecahnya sebagian calon jamaah asal Trenggalek berdampak psikologis bagi peserta ibadah haji, selain  itu juga kesiapan petugas atau panitia haji dalam menangani peserta haji.

    Pada tahun ini Jawa timur mendapat kuota haji sebesar 35035 orang, ditambah 2035 tim pemandu haji daerah, sehingga total kuota Jatim adalah 35270 orang.

    Reporter : Firdaus cahyono.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here