Beranda Wisata Hiburan Membuat Tissue Dengan Berbahan Dasar Nanas

Membuat Tissue Dengan Berbahan Dasar Nanas

BERBAGI

Lamongan – Dua siswi dari SMA Negeri 2 Lamongan Jawa Timur, Oktaviana Galuh Pratiwi dan Shella Vidya Ayu, berhasil menciptakan tissue yang terbuat  dari ampas nanas.

Cara pembuatan tissue ramah lingkungan ini sangat mudah. Pertama-tama, nanas yang sudah masak dikupas, lalu diblender. Setelah halus, nanas kemudian diperas diambil ampasnya dan dicampur dengan buah busuk serta air.

Setelah rata, adonan ini kemudian ditutup plastik dan dibiarkan selama dua minggu. Setelah dua minggu munculah lapisan putih diatasnya yang berasal dari bakteri Acetobacter Xylinum, bakteri inilah yang kemudian diblender dan dijemur sehingga menjadi tisu.

Menurut Oktaviana, ide pembuatan tissu ini berawal dari banyaknya penebangan pohon pinus dan akasia untuk pembuatan tisu konvensional. Agar tidak merusak alam, akhirnya muncul ide untuk membuat tissue dari Sellulosa bakteri.

| Baca Juga:  Rakit Mobil Tua, Laki-Laki Ini Raih Omset Puluhan Juta Rupiah

Dengan adanya temuan ini, kedua siswi SMA Negeri 2 Lamongan meraih medali emas pada Ajang Indonesian Science Project  Olympic (ISPO) di Jakarta dan dalam waktu dekat, temuan tersebut akan diikutkan pada Event Internasional di Brazil. Sementara pihak sekolah berniat untuk mematenkan hak cipta temuan ini.

Reporter : Zahra Banatina.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here