Beranda Hukum Kriminal Pejabat Di Madiun Kena OTT Saber Pungli

Pejabat Di Madiun Kena OTT Saber Pungli

BERBAGI

Madiun – Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Polres Madiun menangkap Budi Setiono, Kepala Pelayanan Kecamatan Kare saat menerima uang sebesar Rp 1,5 juta untuk mengurus sertifikat tanah milik Laminem. Budi ditangkap sesaat setelah keluar dari rumah Laminen di Desa Kare Kecamatan Kare usai menerima uang sogokan tersebut.

Menurut Kepala Urusan Bina Operasi Satreskrim Polres Madiun Iptu Agustius, penangkapan Budi Setiono bermula dari informasi masyarakat tentang adanya pungutan biaya sertifikasi tanah yang melebihi batas ketentuan. Sesuai aturan biaya pengurusan sertifikat tanah sebesat 1 persen dari nilai jual tanah.

| Baca Juga:  Dinas INDAKOP Bantah Oknum Dinas Pasar Pungli

Dari penangkapan Budi ini, polisi menyita uang tunai sebesar Rp 1,5 juta, kuitansi bukti pembayaran, dan beberapa dokumen pengurusan sertifikat tanah. Saat ini pihak kepolisian masih terus mengembangkan penyidikan pasca penangkapan budi, karena ditengarai masih ada komplotan PNS yang melakukan pungli dengan modus serupa.

Meski tidak ditahan, Budi Setiono akan dijerat dengan Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dengan ancaman hukuman maksimal 10 tahun penjara. (*)

Reporter : Eko Prasetyo.