Beranda Hukum Kriminal Pembuat Kosmetik Ilegal Digrebek Polisi

Pembuat Kosmetik Ilegal Digrebek Polisi

BERBAGI

LAMONGAN – Pembuat sekaligus pengedar kosmetik ilegal di Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan ditangkap petugas Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Lamongan Jawa Timur. Dari tangan tersangka polisi berhasil menyita ribuan kosmetik ilegal  bebagai merek beserta peralatan produksinya. `

Pelaku yang bernama Wahyu Ardianto ini ditangkap petugas Reskrim di rumahnya di Desa Gilang  Kecamatan Babat Lamongan. Pria berumur 27 tahun ini ditangkap, lantaran membuat sekaligus mengedarkan kosmetik tanpa izin Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

Pelaku ditangkap setelah petugas mendapat informasi dari warga, tentang kegiatan mencurigakan di rumah pelaku yang selama ini meresahkan masyarakat.

| Baca Juga:  Gadis Belia Tewas Dengan Luka Di Leher

Menurut Wakapolres Lamongan Kompol Arief Mukti, pelaku mengaku memproduksi kosmetik berbagai merk tersebut telah berjalan selama 2 tahun terakhir. Untuk bahan bakunya ia peroleh dengan membeli di pasar Jakarta.

Sedang untuk kemasan palsu ia membeli dari Surabaya. Setiap bulannya tersangka mampu meraup keuntungan hingga puluhan juta Rupiah.

Untuk mempetanggung jawabkan perbuatanya, tersangka akan dijerat pasal 196 dan 197 Undang-undang Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan, dengan ancaman maksimal 15 tahun penjara dan denda Rp 1,5 milyar. (*)

| Baca Juga:  Intel Palsu Peras Kepala Sekolah Hingga Ratusan Juta

Reporter : Zahra Banatina