Beranda Peristiwa Dinas Kesehatan Uji Air Sumur Ambles

Dinas Kesehatan Uji Air Sumur Ambles

BERBAGI

AGTVnews.com – Kejadian sumur ambles di Desa Manggis Kecamatan Puncu mulai mendapat perhatian dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri. Melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Puncu, Dinas Kesehatan melakukan pengambilan sampel air di sumur warga yang terdampak, Kamis (27/04/2017).

Menurut Kepala Puskesmas Puncu, Dr Ahmad Khotib, bencana sumur ambles yang terjadi di Desa Manggis ini mengancam kebutuhan air bersih bagi warga sebab air bersih adalah kebutuhan dasar bagi kehidupan manusia.

“Agar diketahui secara persis kandungan apa yang terdapat pada air milik warga ini, maka pihak Dinas Kesehatan melakukan pengambilan sampel air untuk dilakukan uji laboratorium,” terang Dr Ahmad Khotib.

| Baca Juga:  Fenomena Sumur Amblas Bikin Warga Khawatir

Sejauh pengamatan visual, menurut Ahmad Khotib, air yang sumurnya sudah ambles tidak layak dikonsumsi lagi. “Terlihat campuran lumpur yang cukup pekat. Ini tidak layak lagi dijadikan air minum,” jelasnya.

Bila hasil uji laboratorium terdapat kandungan partikel berbahaya seperti belerang dalam jumlah besar, maka pihak Dinas Kesehatan akan merekomendasikan adanya droping air bersih kepada warga Desa Manggis.

Seperti diketahui, saat ini muncul fenomena aneh berupa sumur amblas di Desa Manggis Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri. Sedikitnya 64 unit bangunan sumur amblas ditelan bumi dan ratusan lainnya sudah menunjukkan tanda-tanda akan ambles.

| Baca Juga:  Detik-Detik Insiden Suporter Liga Santri Tewas

Saat ini warga masih bisa mengatasi kebutuhan air bersih dengan berbagi sumur milik tetangga yang belum terdampak. Untuk kebutuhan air minum, warga harus mengendapkan air sumur selama 24 jam untuk membuang lumpur yang tercampur air. (*)

Reporter: Tim Liputan AGTV.