Beranda Hukum Kriminal Intel Palsu Peras Kepala Sekolah Hingga Ratusan Juta

Intel Palsu Peras Kepala Sekolah Hingga Ratusan Juta

BERBAGI

Tulungagung – Mengaku sebagai anggota Badan Intelijen Negara (BIN), 2 warga Tulungagung Ndondit Sudarmanto dan Hendra Saputra berhasil memperdaya puluhan kepala sekolah di Tulungagung hingga bisa mengantongi uang ratusan juta.

Modus yang digunakan kedua pelaku dengan mendatangi sejumlah sekolah dan hendak melakukan audit keuangan sekolah. Audit yang dilakukan secara pura-pura tidak akan dilakukan, jika pihak sekolah mau memberikan sejumlah uang yang diminta. Untuk meyakinkan korban-korbannya, tersangka juga membekali diri dengan senjata pistol air soft gun.

keduanya telah melakukan aksi pemerasan ini sejak dua bulan terakhir, dan berhasil mengeruk uang Rp 125 juta dari puluhan kepala sekolah. Aksi mereka terhenti setelah salah satu korban yakni Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Tulungagung melaporkan kasus ini ke polisi.

| Baca Juga:  Polisi Amankan 12 Penjahat Resahkan Ramadan

Petugas Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Tulungagung akhirnya berhasil membekuk pelaku di rumahnya masing-masing dan mengamankan sejumlah barang bukti. Diantaranya dua pucuk pistol air soft gun, buku tabungan, uang tunai Rp 5 juta yang diterima dari MAN 2 Tulungagung, kartu tanda anggota Lembaga Swadaya Masyarakat, serta kartu pers.

Menurut Kepala Bagian Operasionl (KBO) Reskrim Polres Tulungagung Iptu Herry Purwanto, kedua pelaku sudah ditetapkan tersangka dengan pelanggaran pasal 368 KUHP tentang pemerasan dengan ancaman hukuman 9 tahun kurungan penjara. Sambil menunggu proses hukum selanjutnya, kini kedua tersangka mendekam di sel tahanan Mapolres Tulungagung. (*)

| Baca Juga:  Gadis Belia Tewas Dengan Luka Di Leher

Reporter : Wawan Setyawan.