Beranda Pemerintahan Kesenian Kebo Ndaru Khas Sukosari Ponorogo

Kesenian Kebo Ndaru Khas Sukosari Ponorogo

BERBAGI

Ponorogo – Masyarakat Desa Sukosari Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo Jawa Timur mempunyai kesenian unik yang dinamakan seni Kebo Ndaru. Dimana kesenian yang baru dikembangkan ini bagian dari pelestarian seni tradisional.

Wujud dari kesenian ini adalah hewan kerbau buatan yang berukuran besar diarak mengelilingi desa dengan lantuan musik Islami. Selain itu kerbau ini juga menari mengikuti musik, meski terkadang juga mengamuk dan menyerang para penonton yang mengelilinginya.

Kesenian Kebo Ndaru ini merupakan salah satu kesenian baru yang ada di Kabupaten Ponorogo. Dimana kesenian ini juga sudah diakui oleh Pemerintah Kabupaten Ponorogo melalui Lembaga Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Menurut seniman yang memprakarsai adanya kesenian Kebo Ndaru, Huda, kesenian ini terinspirasi pada zaman dahulu ada seekor kerbau yang pada masanya dipergunakan oleh salah satu tokoh penyebar agama Islam di pulau Jawa. kebo Ndaru ini sebagian masyarakat menyebutnya Kebo Kyai Slamet.

| Baca Juga:  Razia Tempat Hiburan Polisi Minim Temuan

Dengan adanya kesenian Kebo Ndaru ini diharapkan nantinya mampu menambah khasanah kesenian tradisional yang ada di Kabupaten Ponorogo selain kesenian Reog. (*)

Reporter : Dinar Putra Perdana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here