Beranda Pemerintahan Seniman Reog Geruduk Kantor DPRD Ponorogo

Seniman Reog Geruduk Kantor DPRD Ponorogo

BERBAGI

Ponorogo – Puluhan seniman reog di Ponorogo melakukan aksi demonstrasi di kantor DPRD Kabupaten Ponorogo. Hal ini dipicu banyaknya pementasan reog dari luar daerah yang menyimpang dari pakem kesenian reog yang sebenarnya.

Di depan kantor DPRD Kabupaten Ponorogo, puluhan seniman reog menggelar pementasan reog jalanan. Kali ini bukan untuk sebuah pementasan seni namun mereka melakukan aksi demonstrasi. Sikap protes ini dipicu kurang tegasnya Pemerintah Kabupaten Ponorogo mengatur pakem pementasan reog agar tidak menyimpang dari kesenian reog aslinya .

| Baca Juga:  GTT-PTT Nganjuk Tanyakan Kejelasan Nasib Kepada Presiden

Pementasan kesenian reog dari luar daerah tersebut membuat keresahan di masyarakat, terlebih para seniman. Para seniman luar daerah ini tidak hanya mementaskan reog, namun juga melakukan aksi debus di sela-sela pementasan. Hal ini dianggap sudah menyimpang dari kesesnian reog pada umumnya oleh para seniman Ponorogo.

Koordinator aksi seniman reog Ponorogo Sunardi, mendesak DPRD untuk secepatnya membuat peraturan daerah tentang reog Ponorogo. Sehingga hal ini bisa menjadi payung hukum yang nantinya dapat melindungi seni reog Ponorogo.

| Baca Juga:  Sejumlah Titik Jalan Longsor Ponorogo-Trenggalek Belum Diperbaiki

Berkembangnya kesenian reog yang mendunia sering kali membuat permasalahan, dari mulai klaim yang dilakukan oleh negara lain hingga munculnya tafsir pementasan yang menyalahi pakem. Hal ini yang sering kali memicu protes dari para seniman reog asal Ponorogo.

Reporter : Dinar Putra Perdana.