Beranda Ekonomi Bisnis Simbol 212 Buat Komikus Diputus Kontrak Oleh Marvel

Simbol 212 Buat Komikus Diputus Kontrak Oleh Marvel

BERBAGI

Tulungagung – Seorang komikus  asal Tulungagung Jawa Timur, di putus kontraknya oleh Marvel, karena menyisisipkan simbol 212 dan Q-S5:51 Al Maidah dalam gambar komik X-Men Gold 1 garapannya.

Menurut komikus ini, Ardian Syaf, dirinya selalu menyelipkan sesuatu yang menarik untuk membuat pembaca terkesan, seperti nama Jokowi, Monas, Hari Kemerdekaan Republik Indonesia bahkan peta pulau Indonesia.

Sementara untuk simbol 212 dan QS 5:51 muncul dari rasa simpati saat Ardian Syaf ikut dalam aksi damai 212 di Jakarta. Saat simbol tersebut disisipkan dalam komik justru mendapat sambutan luar biasa dari  sejumlah negara, bahkan menjadi Komik Of The Week, namun selang beberapa hari komik ini justru menjadi kontroversi, dan ramai diperibincangkan di dunia maya.

| Baca Juga:  Polisi Ini Nyambi Jadi Tukang Sampah, Alasannya Bikin Terharu

Ardian syaf tidak menyangka akan bermasalah dengan simbol yang diselipkannya itu, bahkan berujung diputus kontrak oleh Marvel. Meski mengaku tanpa maksud apa-apa, namun pihak Marvel menilai, sisipan tersebut mengandung sentimen SARA yang terlalu besar. Meski demikian Ardian Syaf tidak patah arang dan tetap terus berkarya. (*)

Reporter : Wawan setyawan.