Beranda Pemerintahan Wagub Jatim Jamin Relokasi Warga Terdampak Longsor

Wagub Jatim Jamin Relokasi Warga Terdampak Longsor

BERBAGI

Ponorogo – Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) memastikan seluruh warga Desa Banaran, Kabupaten Ponorogo yang terdampak longsor akan direlokasi ke daerah aman dengan fasilitas penuh dari pemerintah.

Pernyataan ini disampaikan Gus Ipul saat meninjau proses pencarian korban hilang di titik nol bencana tanah longsor di dusun Tangkil Desa Banaran kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo.

Menurut Gus Ipul ada dua alternatif untuk penanganan relokasi warga terdampak longsor ini. Pertama, warga ditampung sementara di rumah warga yang berada di zona aman dengan pendirian tenda pengungsian.

| Baca Juga:  Tanda-tanda Longsor Di Sawahan Nganjuk Sudah Nampak

Untuk alternatif kedua dengan melakukan relokasi permanen, melalui program transmigrasi, mengingat wilayah terdampak tidak memiliki skenario lahan pengganti.

Untuk upaya rehabilitasi kawasan mukim dan penanganan korban terdampak ini akan dibahas secara lintas kelembagaan baik oleh Pemrov Jatim, Pemkab Ponorogo maupun Pemerintah Pusat melalui Kemensos serta lintas kementrian terkait. Namun prioritas utama adalah menyelamatkan korban terdampak dan menyediakan segala keperluan korban.

Sementara itu menurut Kapolda Jatim, Irjen Pol Machfud Arifin, opsi sementara bagi warga terdampak dengan mendirikan tenda pengungsian ataupun menampung warga di beberapa rumah penduduk lain yang berada di zona aman. Meski demikian teknis penanganan pasca bencana, serta tahapan relokasi masih belum terperinci.(*)

| Baca Juga:  85 KK Gunung Wilis Terancam Longsor

Reporter : Dinar Putra Perdana.