Beranda Wisata Hiburan Rawon Balungan Menu Pas Untuk Buka Puasa

Rawon Balungan Menu Pas Untuk Buka Puasa

BERBAGI

AGTVNEWS.com – Setelah seharian menahan haus dan lapar karena menjalankan ibaah puasa di bulan Ramadan, tentu terasa nikmat bila berbuka dengan makanan berkuah dan segar. Surabaya dikenal sebagai gudangnya kuliner, menyimpan beragam makanan yang sangat sayang untuk dilewatkan, salah satu kuliner khas kota buaya ini adalah Rawon.

Salah satu rawon yang terkenal kelezatannya adalah rawon balungan Bu Kades, dengan tampilan kuah hitam pekat dari buah kluwek, dan padanan rasa rempah yang gurih membuat rawon ini semakin nikmat, tidak ketinggalan tulang dan daging yang empuk saat masuk ke dalam mulut kita.

Rawon ini sangat cocok bila ditemani taoge, kerupuk udang dan tidak lupa sambal terasi. Tentunya semakin menambah kenikmatan anda saat berbuka puasa.

Menurut pengelola rumah makan rawon balungan, Vidya, untuk membuat rawon ini tidaklah sulit, cukup disiapkan bumbu rempah khas nusantara serta tulang dan daging sapi.

| Baca Juga:  Tradisi Jamasan Pusaka yang Hampir Punah

“Rawon ditempat kami berbeda, karena kuahnya yang kental bukan saja hitam namun terdapat warna merah. Selain itu balungan menjadi ciri khas yang berbeda dengan rawon lainnya,” ungkap Vidya.

Sementara menurut salah satu penikmat rawon balungan ini, tanpa menggunakan sambal, rawon ini sudah pedas dan rasa rempahnya sangat terasa sekali dilidah.

Kuliner khas Jawa Timur ini memang identik dengan kluwek, tidak hanya sebagai pewarna, namun ternyata bumbu makanan ini, mengandung senyawa hipolipidemik dan hipotensip yang memiliki peran untuk mengendalikan lemak dan tekanan darah. Jadi meski menggunakan daging sapi namun rawon tetap aman karena kolesterol yang terjaga.(*)

Reporter: Muhamad Rojab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here