Beranda Ekonomi Bisnis Job Fair Diserbu Ribuan Pencari Kerja

Job Fair Diserbu Ribuan Pencari Kerja

BERBAGI

AGTVNEWS.com – Gelaran Job Fair 2017 di Kabupaten Tulungagung Jawa Timur, diserbu ribuan pencari kerja. Bursa Pasar kerja ini digelar Pemkab Tulungagung di halaman kantor Dinas Tenaga Kerja dan Trasnmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Tulungagung.

Ribuan pelamar ini raat-rata merupakan lulusan SMK – SMA dan Strata-1. Mereka akan bersaing untuk mengisi lima ribu lowongan pekerjaan dari 45 perusahaan lokal dan nasional.

Wakil Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo dalam pembukaan Job Fair menyatakan, bursa kerja ini digelar untuk mensosialisasikan lowongan kerja yang ada. “Dengan adanya sosialisasi lowongan kerja ini, diharapkan angka pengangguran di Kabupaten Tulungagung bisa sedikit berkurang,” ujar Wakil Bupati.

| Baca Juga:  Wisata Rumah Hobbit Jadi Pilihan yang Takut Pantai

Sementara itu menurut Kepala Disnakertran Tulungagung, Yumar, job fair kali ini lebih diperbanyak untuk lowongan bagi lulusan SMA dan SMK, karena jumlah peminatnya lebih banyak dibanding lulusan perguruan tinggi.

“Saat ini jumlah pengangguran di Tulungagung mencapai 3,6% dari total penduduk Kabupaten Tulungagung. Peminat bursa kerja ini lebih banyak untuk lulusan SMA dan SMK, jadi pada tahun ini diperbanyak untuk lowongan kerja bagi mereka,” ujar Yumar.

Sejumlah perusahaan yang ikut bergabung dalam job fair 2017 ini yakni perusahaan elektronik, retail, perbankan, otomotif, asuransi hingga perkebunan dan perikanan.

| Baca Juga:  Nahas, Seorang Tukang Becak di Tulungagung Tertimpa Pohon Tumbang

Salah satu pencari kerja dalam job fair ini, Nutri Silfia, mengaku terbantu dengan adanya job fair ini. “Saya jadi lebih mudah untuk mendapatkan lowongan pekerjaan sesuai dengan bakat dan kemampuan saya. Namun sayang banyak stand yang tidak ada penjaganya,” ungkap Nutri.

Diharapkan dengan job fair ini, banyak tenaga kerja yang terserap, sehingga mengurangi tenaga kerja yang menganggur.(*)

Reporter: Wawan Setiawan.