Beranda Pemerintahan Bea Cukai Kediri Tangkapi Produsen Miras Ilegal

Bea Cukai Kediri Tangkapi Produsen Miras Ilegal

BERBAGI

AGTVnews.com – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBKC) Kediri, merilis tangkapan minuman keras ilegal, Senin (14/08). Petugas berhasil tangkap tangan produsen miras dari Kediri dan Nganjuk.

Kasus yang ditangani petugas bea cukai ini menggunakan bahan oplosan ethanol dan tidak disertai perijinan bea cukai asli. Tangkapan pertama di kawasan Desa Gedang Sewu Kecamatan Pare Kabupaten Kediri dan Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk.

Turanto Sih Wardoyo, kepala KPPBKC Kediri mengatakan, produsen ini menggunakan alat tradisional. “Kita amankan barang bukti kuntul 47 botol, vodka 193 botol, dan whisky 26 boto tanpa pita cukai,” jelasnya.

| Baca Juga:  Peningkatan Wawasan Kebangsaan Tentang Pancasila

Untuk keperluan penyidikan kemudian dilakukan pengujian laboratorium atas miras tersebut dan terbukti mengandung etanol dan metanol yang diproduksi sendiri oleh pelaku di rumahnya. Dari pengakuan pelaku jangkauan pemasaran dilakukan sekitar eks Karesidenan Kediri.

Menurut Turanto, dampak dari oplosan etanol dan metanol dapat berdampak kesehatan. “Dampak takaran berlebihan apabila di konsumsi dapat menyebabkan kebutaan,” pungkasnya.

Hingga saat ini petugas bea cukai masih mengembangkan kasus minuman miras ilegal, untuk penyedia bahan-bahan pembuat miras.(*)

Reporter: Wiji Guntoro