Beranda Hukum Kriminal Cara Baru Produksi Rokok Polos Dibongkar Bea Cukai Malang

Cara Baru Produksi Rokok Polos Dibongkar Bea Cukai Malang

BERBAGI

AGTVnews.com – Kantor Bea Cukai Malang mengendus cara baru pembuatan rokok polos tanpa cukai yang merugikan negara hingga 1 miliar Rupiah. Cara baru tersebut diungkap petugas Bea Cukai Malang dalma rilis Rabu (2/8/2017).

Menurut Kepala Kantor Bea Cukai Malang Rudy Hery Kurniawan, modus baru ini terungkap saat melakukan penangkapan dan penyitaan produk-produk bodong ini.

“Para pengusaha nakal ini ternyata memproduksi rokok ilegal secara terpisah. Peracikan, pengepakan dan pendistribusian dilakukan di berbagai kota yang berbeda di Jawa Timur,” ujar Rudy.

| Baca Juga:  Bea Cukai Kediri Musnahkan Barang Sitaan Senilai Ratusan Juta

Ditambahkan, modus ini cukup menyulitkan petugas dalam menangkal kenakalan pengusaha rokok ilegal. Sebab saat dilakukan sidak, di lokasi tidak ditemukan kegiatan industri rokok polos tersebut. “Rupanya mereka ini berjaringan. Setelah produknya jadi, baru diedarkan bersama-sama,” pungkas Rudy.

Dalam rilis pemusnahan barang bukti tersebut, selain rokok polos tanpa cukai, turut dimusnahkan minuman mengandung etil alkohol, sextoys serta obat-obatan yang masuk ke dalam negeri tanpa prosedur yang benar.

Barang bukti ini merupakan hasil selama satu semester, periode Januari hingga Juni 2017. Dalam satu periode tersebut, Kantor Bea Cukai Malang menindak sebanyak 192 kasus.

| Baca Juga:  Bea Cukai Kediri Musnahkan Barang Hasil Operasi Senilai Ratusan Juta

Dari hasil penyitaan produk bodong ini, aset negara yang berhasil diselamatkan senilai lebih dari 1 miliar. Bea Cukai akan terus melakukan kerjasama dengan pemerintah daerah, serta penegak hukum setempat untuk memberantas peredaran rokok ilegal, yang sudah menyebar hingga ke pelosok desa.(*)

Reporter: Ilmi Zamzam.