Beranda Pemerintahan Disnak dan Keswan Tulungagung Gelar Sidak Hewan Kurban, Jelang Idul Adha

Disnak dan Keswan Tulungagung Gelar Sidak Hewan Kurban, Jelang Idul Adha

BERBAGI

AGTVnews.com – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Tulungagung Jawa Timur melakukan sidak pemeriksaan hewan kurban di Pasar Hewan Beji Kecamatan Boyolangu Tulungagung Jawa Timur, Jumat (25/08/2017). Sidak ini untuk mengantisipasi peredaran hewan ternak tidak layak  menjelang Idul Adha. Pemeriksaan yang dilakukan meliputi kesehatan fisik, serta umur hewan ternak.

Satu-persatu hewan ternak yang ada di pasar hewan tersebut diperiksa dengan teliti oleh petugas. Pemeriksaan hewan ternak ini, meliputi pemeriksaan gigi, untuk melihat umur hewan ternak dan pemeriksaan kesehatan tubuh seperti, mata, telinga, serta alat kelamin, yang menjadi syarat sahnya hewan kurban.

| Baca Juga:  12 SMP Negeri di Tulungagung Kekurangan Siswa

Menurut Kabid Kesehatan Hewan Disnak Tulungagung, Mulyanto, dalam sidak yang dilakukan kali ini, petugas menemukan sejumlah hewan ternak yang terjangkit penyakit cascado, yakni sebuah penyakit kulit pada ternak yang sering dijumpai pada area sekitar mata.

“Banyak ditemukan hewan kurban yang terkena penyakit cascado. Penyakit ini akibat infeksi cacing stepanofilaria. Meski tidak berbahaya, namun diharapkan hewan ternak yang terjangkit cascado ini disembuhkan terlebih dahulu sebelum di konsumsi,”jelas Mulyanto.

Persediaan Hewan Kurban Mencukupi

Berdasarkan data Dinas Peternakan dan Keswan Tulungagung, persediaan hewan kurban tahun 2017 tercatat, 7.314 ekor sapi potong, dan 35.415 ekor kambing. Jumlah pemotongan hewan kurban tahun ini, diprediksi akan meningkat antara 20-30% dibanding tahun sebelumnya.

| Baca Juga:  Larung Sembonyo Wujud Syukur Nelayan Pantai Popoh

Sementara itu harga daging hidup pada bulan Agustus ini untuk sapi Rp 46 ribu per-kilogram, dan kambing Rp55 ribu perkilogram. Untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada konsumen, petugas akan terus melakukan sidak hingga H-1 Idul Adha nanti.(*)

Reporter : Wawan Setiawan