Beranda Wisata Hiburan 16 Gadis Perawan Tabur Bunga Ritual 1 Suro di Pamuksan Sir Aji...

16 Gadis Perawan Tabur Bunga Ritual 1 Suro di Pamuksan Sir Aji Joyoboyo

BERBAGI
pamuksan sri aji joyoboyo
Gadis perawan dalam ritual 1 Suro Pamuksan Sri Aji Joyoboyo di Desa Menang Kecamatan Pagu Kediri. (foto: istimewa)

AGTVnews.com – Tradisi perayaan 1 Suro digelar di petilasan Pamuksan Sri Aji Joyoboyo dan Sendang Tirto Kamandanu di Desa Menang Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri, Kamis (21/9/2017).

Diantara prosesi kegiatan tersebut yang paling menarik para penonton adalah ketika 16 gadis perawan penabur bunga setaman tanpa memakai alas kaki.

Ritual 1 Suro di Pamuksan Sri Aji Joyoboyo merupakan budaya dalam mengenang dan menghormati jasa-jasa leluhur. Sebagaimana diketahui, Sang Prabu Sri Aji Joyoboyo merupakan raja Kerajaan Kediri yang sangat terkenal dengan buku ramalan Jongko Joyoboyo.

| simak video berita ini:

Kegiatan diawali dengan mengarak Pusaka tombak Kyai Bimo dari Balai Desa Menang menuju petilasan Pamuksan Sri Aji Joyoboyo. Dengan mengenakan pakaian adat, rombongan dikawal oleh para sesepuh masyarakat, pemuda pembawa pusaka, gadis-gadis pengiring dan perwakilan keluarga Besar Hondodento. Acara ini dipimpin Warsidi selaku Kepala Desa Menang Kecamatan Pagu.

| Baca Juga:  Pengurus Partai Perindo Dikabarkan Mundur Massal

Sesampai di lokasi pemuda pembawa pusaka menyerahkan kepada perwakilan keluarga besar Hondodento untuk dilakukan prosesi sebelum dikembalikan lagi kepada pemuda pembawa pusaka yang selanjutnya ditancapkan pada tempatnya di depan Pamuksan Sri Aji Joyoboyo.

Prosesi dilanjutkan dengan penaburan bunga setaman di tempat Pamuksan didahului oleh Kepala Desa, Juru Kunci, Keluaga Besar Hondodento dan seluruh peserta yang hadir. Kemudian acara dilanjutkan dengan berjalan kaki sepanjang sekitar 500 meter menunju Sendang Tirto Kamandanu. Di area Sendang, para gadis suci tersebut kembali menaburkan bunga di lokasi Kaputren hingga akhir acara.

| Baca Juga:  Rumah Guru di Kediri Ludes Dilalap Api

Berharap Terus Digelar

Kusnadi, Wakil Ketua DPRD Jawa Timur yang hadir di lokasi menyatakan, kagum dan bangga atas upaya pelestarian budaya di Petilasan Pamuksan Sri Aji Joyoboyo dan Sendang Tirto Kamandanu. Kepedulian masyarakat setempat terhadap kegiatan ini sangat tinggi.

“Yang membuat saya terharu, mereka para peserta rela tanpa memakai alas kaki padahal cuaca sedang panas. Dan ternyata warga dengan sukarela menyiram jalanan untuk membantu peserta,” ujar Kusnadi.

Kedepan, pihaknya berharap kegiatan ini dapat terus dipertahankan bahkan ditingkatkan lebih bagus agar mengundang banyak pengunjung.(*)

Reporter: Rianto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here