Beranda Hukum Kriminal Kapolres Sidak Persiapan Perayaan 1 Suro di Pamuksan Joyoboyo

Kapolres Sidak Persiapan Perayaan 1 Suro di Pamuksan Joyoboyo

BERBAGI

Kediri, AGTVnews.com – Usai memimpin apel kesiapan pengamanan malam 1 Suro 1439 di halaman Balai Desa Menang Kecamatan Pagu, Kepala Polres Kediri AKBP Sumaryono didampingi Kapolsek Pagu AKP Bowo Wicaksono melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di area Pamuksan Sri Aji Joyoboyo dan Sendang Tirto Kamandanu Desa Menang Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri, Rabu malam (21/9/2017).

Sidak dilakukan dalam rangka melihat secara langsung kondisi di lapangan, karena dua kawasan tersebut menjadi titik berkumpulnya ribuan pengunjung yang datang dari berbagai daerah. Selain Itu, Kapolres juga memberikan arahan kepada semua anggota saat menjalankan tugas selalu mengedepankan sikap humanis kepada seluruh pengunjung.

| Baca Juga:  Penganiaya Ibu Tiri Mengaku Belum Puas Karena Korban Tidak Meninggal Dunia

Ketika masuk di areal Sedang Tirto Kamandanu, Kapolres juga sempat turut mengisi buku tamu / pengunjung. Selanjutnya Kapolres bersama rombongan melihat kondisi kolam dan sumur tua di dekat tempat ritual dipandu oleh Mbah Suratin selaku juru kunci Sendang Tirto Kamandanu.

Dalam berbincang dengan juru kunci, Kapolres berpesan agar semua panita turut serta menjaga Kamtibmas, sehingga pelaksanaan kegiatan malam 1 Suro berjalan lancar, aman dan nyaman.

Budaya dan tradisi masyarakat di wilayah Kabupaten Kediri pada umumnya dan masyarakat Desa Menang Kecamatan Pagu pada khususnya dalam menyambut datangnya 1 Suro dengan melakukan acara Ibadah dan ritual menjadikan konsentrasi pergerakan massa yang berdatangan.

| Baca Juga:  Cabuli Pelajar Dibawah Umur, Seorang Pemuda Diamankan

Setiap anggota yang melaksanakan pengamanan, Kapolres juga berpesan agar melengkapi dirinya dengan persenjataan, lampu senter, memakai rompi dan agar meningkatkan kewaspadaan serta bertindak sesuai prosedur. “Karena tugas ini sangat berat, maka personil harus jaga kesehatan dan laksanakan tugas dengan penuh rasa tanggungjawab,” ujar Kapolres Pare Kediri. (*)

Reporter: Rianto