Beranda Ekonomi Bisnis Manisnya Tembakau di Musim Kemarau Panjang

Manisnya Tembakau di Musim Kemarau Panjang

BERBAGI

Malang, AGTVnews.com – Kemarau panjang menjadi berkah tersendiri bagi petani tembakau yang ada di Desa Jatiguwi Kecamatan Sumberpucung kabupaten Malang Jawa Timur. Hasil panen petani mengalami peningkatan dengan harga jual yang cukup tinggi dibanding musim penghujan.

Meski beberapa daerah lain terdampak akibat kemarau panjang, namun sejumlah petani tembakau di wilayah Kabupaten malang Jawa Timur ini justru bersenang hati. Betapa tidak, musim kemarau panjang ini, menjadikan hasil panen tanaman tembakau mereka meningkat.

Tidak hanya jumlah panen yang mengalami peningkatan, namun kualitas bahan utama pembuat rokok inipun ikut meningkat dibanding saat musim penghujan.

| Baca Juga:  Seluruh Tahanan Polres Malang Dipindahkan

Menurut salah satu petani, Mulyono saat musim kemarau seperti saat ini hasil panen tembakau justru meningkat. Bila biasanya harga satu kilo tembakau dikisaran Rp 60 ribu, namun saat musim hujan, harga tembakau bisa meningkat antara Rp 70 ribu hingga Rp 90 ribu per-kilogramnya.

“Musim kemarau seperti saat ini memang menjadi berkah bagi dirinya.Selain panen yang melimpah, harga jual tembakau juga tingi.

Sementara itu ditambahkan petani lainnya, Karmuah, saat musim kemarau perawatan tanaman tembakau ini mejadi lebih mudah dan resiko gagal panen bisa lebih sedikit.

| Baca Juga:  Ibu Sekap Anak Kandung Alami Gangguan Psikotik

Meski demikian, para petani tembakau ini berharap, saat panen raya nanti, harga beli tembakau tidak dipermainkan tengkulak, sehingga petani bisa merasakan manisnya tembakau saat musim kemarau.(*)

Reporter: Ilmi Zamzam