Beranda Pemerintahan Ratusan Desa di Jawa Timur Potensi kekeringan

Ratusan Desa di Jawa Timur Potensi kekeringan

BERBAGI

AGTVnews.com – Sebanyak 422 desa di wilayah Jawa Timur berpotensi mengalami kekeringan. Hingga bulan September ini, 169 desa sudah terdampak kekeringan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Daerah Jawa Timur memprediksi kemarau ini berlangsung hingga Oktober nanti.

Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Pelaksana BPBD Jawa Timur, Sudarmawan di Tulungagung Jawa Timur, Kamis (14/9/2017).

Berdasarkan perkiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, (BMKG), bulan September ini merupakan puncak musim kemarau. Diperkirakan kemarau masih akan terjadi hingga bulan oktober. Meski demikian, sejumlah wilayah khususnya di bagian selatan diperkirakan akan mulai memasuki musim hujan.

| Baca Juga:  Perangkat Desa Tuntut Mendagri Agar Diangkat Jadi PNS

Menurut Sudarman, untuk mengatasi kondisi kekeringan tersebut BPBD Jawa Timur melakukan droping air bersih terhadap sejumlah desa yang terdampak kekeringan tersebut.

Sementara sebagai solusi jangka menengah dan jangka panjang, BPBD Jawa Timur, melakukan koordinasi lintas pemerintahan, baik dengan pemerintah daerah kabupaten maupun pemerintah pusat. Koordinasi ini untuk pengembangkan pembangunan sumur bor, embung membran maupun embung konvensional, di daerah daerah yang rawan mengalami kekeringan kata kontraktor.

“Musim kemarau yang terjadi tahun ini tidak akan berlangsung lama, berdasar ramalan BMKG, hujan akan turun di daerah selatan Jawa Timur pada bulan Oktober mendatang, ” ujar Sudarwan.(*)

| Baca Juga:  Ini Penyebab Terjadinya Pemadaman Listrik di Wilayah Tulungagung

Reporter: Wawan Setiawan