Beranda Pemerintahan Rute Aman Selamat Sekolah, Program Dinas Perhubungan Hindari Kecelakaan Pelajar

Rute Aman Selamat Sekolah, Program Dinas Perhubungan Hindari Kecelakaan Pelajar

BERBAGI

AGTVnews.com – Menghindari kecelakaan dengan korban pelajar sekolah, Kementerian Perhubungan bekerja sama dengan pemerintah daerah melalui satuan kerjanya terus meningkatkan sarana dan prasarana. Sarana dan prasarana yang diberikan ini berupa penerapan Rute Aman Selamat Sekolah (RASS).

RASS ini diharapkan bisa menekan angka korban akibat kecelakaan di tingkat pelajar. Untuk menerapkan RASS ini Kementerian Perhubungan sudah menggelotorkan sejumlah dana ke satuan kerja, Dinas Perhubungan di masing-masing wilayah, salah satunya Kota Kediri.

Dinas Perhubungan Kota Kediri, menerapkan Zona Aman Sekolah di beberapa titik jalur arteri. Zona Aman Sekolah ini ditujukan bagi semua pengguna jalur lalu lintas agar selalu berhati-hati saat memasuki zona selamat.

| Baca Juga:  Orok Bayi Perempuan Ditemukan di Saluran Irigasi

Aturan Zona Selamat ini ditetapkan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat yang mengacu kepada Peraturan Pemerintah nomor 32 tahun 2011 tentang Manajemen dan Rekayasa Analisis Dampak serta Manajemen Kebutuhan Lalu Lintas dan Undang-Undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Di kota kediri terdapat 8 titik RASS yakni Jalan Penanggungan, jalan Veteran, jalan Diponegoro, jalan Hasanudin, jalan Teuku Umar, jalan Imam Bonjol, jalan Letjen Suprapto dan jalan PK Bangsa. Rute Aman Selamat Sekolah ini dibuat di sepanjang kawasan sekolah di Kota Kediri.

Rute Aman Selamat Sekolah memiliki beberapa sarana yakni zebra cross, pelican cross, halte, jalur sepeda dan rambu-rambu penunjang lainnya. Rambu-rambu ini ditujukan melindungi para pelajar yang sedang beraktifitas.

| Baca Juga:  Taman Sekartaji Baru Mulai Bisa Dinikmati

Kepala Bidang Manajemen Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Kediri, Bagus Hermawan Aprianto mengatakan, RASS merupakan bantuan dan merupakan program dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Beberapa RASS di Kota Kediri sudah selesai pengerjaannya, sementara beberapa lainnya masih dalam proses.

Jalur sepeda yang telah rampung di beberapa titik, diharapkan mampu melindungi pengendara sepeda agar tetap aman pada saat berkendara. Sementara dengan adanya RASS masyarakat diminta untuk lebih patuh terhadap peraturan lalu lintas yang ada.(*)