Beranda Ekonomi Bisnis Buah Manis Bisnis Nasi Goreng Si Mantan Anak Jalanan

Buah Manis Bisnis Nasi Goreng Si Mantan Anak Jalanan

BERBAGI

Kediri, AGTVnews.com – Mohamad Toindar (19 tahun) hanya protolan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan sempat hidup menggelandang di jalanan. Namun siap sangka, warga Desa Gedangsewu Kecamatan Pare Kabupaten Kediri ini, sekarang sukses membuka usah kuliner.

Merubah dunia kehidupan sehari-hari bukanlah hal yang mudah. Namun bagi Toindar tidak ada yang tidak mungkin selagi mau belajar dan berusaha. Sedikit demi sedikit Toindar mengumpulkan uang hasil mengamen untuk modal sebuah usaha.

Ide membuat usaha muncul saat Toindar bergabung dalam sanggar Bocah Dolanan (Bodol) dibawah asuhan Antok Beller. Toin, panggilan Toindar bergabung selama 4 tahun dari 2008-2012. Disanggar ini akhirnya Toin belajar memahami arti pertemanan dan cara berbagi dengan sesama. Akhirnya munculah ide belajar memasak pada diri Toin.

Setelah berhasil belajar memasak ini, Toin nekat membuka warung nasi goreng, di sebuah kios kecil yang ada di selatan eks Lokalisasi Gedangsewu Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Uang tabungan hasil mengamen, dibelikan alat perlengkapan memasak.

| Baca Juga:  Sensasi Berpetualang Menyusuri Lereng Gunung Kelud Dengan Mobil Offroad

“Usaha kuliner ini sudah saya tekuni hampir satu tahun dan sekarang untuk melayani pembelian dibantu orang tua. Awalnya juga sempat minder, tapi seiring berjalannya waktu sudah hilang rasa minder itu,” ungkap Toin sembari tersenyum.

Toin mengaku, setiap hari dari hasil berdagang bisa mengumpulkan keuntungan minimal Rp 100 ribu untuk ditabung. Meski setiap malam dirinya begadang, namun bukannya begadang tanpa tujuan.

Sementara itu menurut Antok Beller, semua anak memiliki kesempatan yang sama untuk maju dan berkembang. Tergantung motivasi yang diberikan kepada mereka.

“Memberikan kesempatan dan mendampingi mereka untuk bisa menjadi lebih baik lagi akan selalu kami lakukan. Intinya Anak Indonesia berhak berbahagia seperti yang lainnya. Maka dari itu, hendaknya keberhasilan Toin bisa memotivasi anak-anak yang kurang beruntung lainnya,” ujar Antok Beller.

Apa yang telah dilakukan Toin, bisa menjadi inspirasi bagi kita, dimana ada kemauan dan kesempatan, pasti akan ada jalan untuk berubah menjadi lebih baik.(*)

Reporter : Rianto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here