Beranda Peristiwa Enggan Dievakuasi, Warga Pilih Selamatkan Harta Benda

Enggan Dievakuasi, Warga Pilih Selamatkan Harta Benda

BERBAGI

Malang, AGTVnews.com – Ratusan warga Desa Sitiarjo Kecamatan Sumbermanjing Wetan kabupaten Malang Jawa Timur enggan dievakuasi, meski dikepung banjir. Mereka memlilih bertahan dirumahnya dan menjaga harta benda mereka.

Mengantisipasi adanya warga yang kekurangan makanan. PMI Kabupaten Malang mendirikan dapur umum tanggap bencana. Sekitar 1400 paket makanan dibagikan untuk 350 kepala keluarga yang ada di tiga dusun.

Menurut Ketua pelaksana BPBD Kabupaten Malang, Bambang Istiawan, untuk keperluan logistik dan koordinasi bencana banjir bandang, pihaknya sudah mendirikan dapur umum dan posko siaga bencana.

“Ketinggian air akibat meluapnya sungai Penguluran tidak sama di masing-masing dusun, ada yang setinggi 60 cm, ada yang 1 meter bahkan ada yang 1,5 meter. Sebagian warga terjebak di dalam rumah dan tidak bisa keluar. Untuk itu kami menyediakan dapur tanggap bencana, bagi korban banjir ini,” ujar Bambang.

| Baca Juga:  5 Desa Di Mojokerto Terendam Banjir

Sementara itu, menurut salah satu warga yang terjebak banjir, Sekatrimo mengatakan, saat ini mereka kesulitan air bersih karena sumur mereka tergenang lumpur dan material banjir.

“Saat ini yang susah adalah air bersih, karena sumurnya kemasukan lumpur. Kemarin mau mengungsi sudah tidak bis, karena sana-sana suda penuh dengan air. jadi ya dirumah saja,” ujar Sekatrimo.

Petugas BPBD dan PMI kesulitan membagikan makanan bagi warga yang tinggal di Dusun Rowo Terate, karena akses jalan yang terputus akibat terjangan banjir.

| Baca Juga:  Coban Glotak, Air Terjun Lereng Gunung Kawi

Diberitakan sebelumnya, tiga dusun yakni Dusun Rowo Terate, Dusun Palung dan Dusun Krajan di Desa Sumbermanjing Wetan Kabupaten malang Jawa Timur terendam banjir akibat meluapnya sungao Penguluran. Ratusan warga terjebak didalam rumah, karena akses jalan satu-satunya rusak akibat diterjang banjir.(*)

Reporter: Ilmi Zamzam