Beranda Peristiwa Hektaran Sawah Siap Panen, Terendam Banjir

Hektaran Sawah Siap Panen, Terendam Banjir

BERBAGI

Tulungagung, AGTVnews.com – Hektaran tanaman padi siap panen di Dusun Gambiran desa Besole Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung Jawa Timur terendam banjir. Agar tidak terlalu rugi sejumlah petani memilih untuk memanen dini anaman mereka.

Banjir yang terjadi selama tiga hari terakhir ini, akibat parit pembuangan air tidak mampu menampung air setelah hujan deras semalaman. Seluruh tanaman padi yang sudah siap panen terendam banjir. Agar tidak terlalu rugi petani terpaksa memanen padi mereka meski berada dalam kepungan banjir.

| Baca Juga:  Aksi corat-Coret Seragam Mewarnai Kelulusan SMA

Menurut salah satu petani, Suroyo, bulir padi yang dibiarkan terendam air selama tiga hari akan membusuk, bahkan bisa tumbuh. Genangan air yang setinggi lutut orang dewasa cukup menyulitkan petani melakukan panen. Bila kondisi normal, lahan seluas 100 ru, bisa dipanen oleh tiga orang, namun dalam kondisi banjir butuh waktu berhari-hari.

“Ini sudah waktunya panen. Kalau dibiarkan terendam air seperti ini akan rusak padinya. Akhirnya hasil panen berkurang dan petani jadi rugi,” ujar Suroyo.

Padi yang sudah dipanen, diangkut petani ke tempat yang kering menggunakan rakit dari batang pisang maupun drum bekas.

| Baca Juga:  Mati Listrik 2 hari di Tulungagung, Ini Alasan PLN

Dari data yang ada di Dinas Pertanian Tulungagung, total lahan pertanian terdampak banjir seluas 196 hektar, tersebar di sejumlah desa di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Bandung, Kecamatan Besuki dan Kecamatan Campurdarat. Mayoritas tanaman yang rusak adalah jagung dengan luas lahan mencapai 152 hektar.(*)

Reporter: Wawan Setyawan