Beranda Wisata Hiburan Larung Sembonyo Wujud Syukur Nelayan Pantai Popoh

Larung Sembonyo Wujud Syukur Nelayan Pantai Popoh

BERBAGI

Tulungagung, AGTVnews.com – Ratusan nelayan teluk Popoh Kabupaten Tulungagung Jawa Timur, menggelar labuh laut di Teluk Popoh Desa Besole Kecamatan besuki Kabupaten Tulungagung Jawa Timur.

Tradisi Labuh Laut atau Larung Sembonyo ini dilakukan setiap tahunm setiap bula Suro penanggalan Jawa. Nelayan berharap dengan melarung sesaji ke tengah laut dan juga menggelar kenduri, hasil tangkapan nelayan semakin baik.

Prosesi ritual larung sembonyo ini diawali dengan acara selamatan di tempat pendaratan ikan pantai Popoh. Berbagai sesaji yakni buceng kuat, mule metri, dan ingkung ayam, serta berbagai sesaji lainnya di doakan oleh sesepuh desa setempat. Meski dilakukan secara sederhana, namun ritual tahunan labuh laut ini menyedot perhatian pengunjung pantai Popoh.

| Baca Juga:  Ladeni Tantangan Seberangi Sungai Brantas, Bocah SD Hilang

Usai dibacakan doa, prosesi dilanjutkan dengan melarung sesaji ke tengah laut. Berbagi sesaji yang ada di letakkan diatas sampan berhias janur kuning, dan diseret ke tengah laut. Ratusan warga nelayan dan juga pengunjung beramai-ramai ikut mengantar perahu sesaji tersebut dengan menumpang puluhan perahu nelayan.

Menurut tokoh nelayan pantai Popoh, Sumaryanto, saat digelarnya labuh Sembonyo warga nelayan menghentikan semua aktifitas melaut dan mengikuti seluruh prosesi upacara larung.

“Kegiatan ini merupakan adat tradisi yang digelar setiap tahun dan turun menurun. Diharapkan dengan adanya labuh laut atau sedekah laut ini rejeki nelayan akan semakin berlimpah. Tangkapannya juga semakin banyak,” ujar Sumaryanto.

| Baca Juga:  Simpang Tiga Ngantru Padat, Polisi Berlakukan Buka Tutup Arus Lalu Lintas

Sementara itu menurut Bupati Tulungagung, Syahri Mulyo, kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat bagus, dan bisa menjadi agenda wisata tahunan di wilayah Tulungagung. Labuh Laut merupakan kekayaan budaya yang dimiliki warga pantai Popoh.

“Namun pemerintah Kabupaten Tulungagung, saat ini belum bisa mengembangkan pantai ini secara maksimal, karena terkendala pengelolaan. Pantai Popoh saat ini dikelola perusahaan daerah yang mencari profit, dan buka dikelola Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Kalo Perusahaan Daerah pasti mencari untung uang, itu yang saya masih pikirkan,” ujar Bupati.

Reporter: Wawan Setiawan