Beranda Wisata Hiburan Pantai Tulungagung Paling Ngehit yang Wajib Dikunjungi

Pantai Tulungagung Paling Ngehit yang Wajib Dikunjungi

BERBAGI
pantai tulungagung
Pantai Kedung Tumpang

AGTVnews.com – Tulungagung merupakan sebuah kabupaten di wilayah Provinsi Jawa Timur. Kabupaten Tulungagung terletak pada posisi 111º 43’ sampai dengan 112º 07′ bujur timur dan 7º 51′ sampai dengan 8º 18′ lintang selatan.

Batas daerah, di sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Kediri yaitu dengan Kecamatan Kras. Di timur berbatasan dengan Kabupaten Blitar. Di sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Indonesia dan di sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Trenggalek.

Wilayah selatan Kabupaten Tulungagung yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia menjadikan Tulungagung memiliki wilayah pantai yang sangat berpotensi dikembangkan sebagai tempat wisata.

Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Tulungagung tahun 2010-2029 terdapat 10 Pantai yang menjadi prioritas pengembangan. Pantai-pantai tersebut menjadi prioritas pengembangan karena lokasinya dekat dengan Lalur Lintas Selatan (JLS) yang menghubungkan pacitan hingga Banyuwangi.

Bagi anda yang ingin berwisata bersama keluarga ke Tulungagung, redaksi AGTVnews.com merangkum beberapa pantai indah di Tulungagung yang wajib anda kunjungi.

1. Pantai Kedung Tumpang

Pantai Kedung Tumpang, merupakan pantai tak berpasir. Pantai ini terletak di Desa Pucanglaban Kecamatan Pucanglaban Kabupaten Tulungagung. Anda tidak perlu heran jika tidak menemukan hamparan pasir pantai di sini. Kedung Tumpang merupakan pantai dengan gugusan karang-karang yang terbentuk akibat hempasan ombak.

Karang-karang yang berlekuk-lekuk ini bila pasang akan terisi oleh air laut. Lekukan-lekukan inilah yang akan menjadi kolam laut alami. Anda bisa bermain di kolam ini sepuasnya. Serasa seperti memiliki laguna.

| Baca Juga:  Kantor Desa Gedangsewu Ludes Terbakar

Disebut Kedung Tumpang, karena layaknya pantai dengan air yang menumpang. Di belakang pantai ini terdapat laut lepas dengan pemanadangan indah tentu sangat sayang jika dilewatkan.

2. Pantai Pathuk Gebang

Pantai ini terletak di Desa Jengglungharjo Kec Tanggunggunung Tulungagung. Pantai Pathuk Gebang merupakan pantai yang masih alami belum banyak wisatawan yang datang ke sini. Selain tempatnya yang tersembunyi lokasi pantai ini juga jauh dari tempat pemukiman penduduk.

Akses jalan yang berliku dan susah cukup menguras tenaga. Namun semuanya akan terbayar setelah anda tiba di pantai ini. Tebing karang tinggi dengan hantaman ombak mencapai 15-20 meter, lebih dari cukup untuk membayar kelelahan kita. Jadi, tertantang untuk datang ke pantai ini?

3. Pantai Popoh

Pantai popoh sudah sangat terkenal akan keindahannya. Memiliki jarak sekitar 30 km dari arah pusat kota. Terletak di Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung, pantai ini menjadi jujugan wisatawan yang datang ke Tulungagung. Tidak hanya menikmati semilir angin pantai saja dan keindahan pemandangan, namun pengunjung juga bisa menikmati kuliner laut yang banyak tersaji di pantai ini.

Anda tidak perlu khawatir kelaparan bila datang ke pantai ini, karena berbagai jenis ikan laut bisa anda nikmati. Selain itu juga tersedia beberapa wahan bermain bagi putra putri anda. Jadi pantai ini sangat pas untuk anda yang ingin berlibur bersama keluatga anda.

4. Pantai Sidem

Pantai sidem hanya berjarak 2 km dari pantai popoh. Namun pantai ini tidak kalah indah dengan pantai popoh yang memang sudah lebih dulu terkenal. Naik keatas bukit di pantai Sidem, anda bisa menikmati nelayan yang menebarkan jala dan mencari ikan di laut lepas.

Pantai sidem bisa disebut sebagai pantai yang sejuk, selain berada di balik bukit di pantai ini juga banyak terdapat tanaman yang menyejukkan. Jadi tidak salah kalau pantai ini menjadi tempat melepas rutinitas.

5. Pantai Sine

Sedikit berbeda dari umumnya pantai Tulungagung yang berpasir putih, Pantai Sine berpasir hitam. Terletak di Desa Kalibatur Kecamatan Kalidawir kabupaten Tulungagung, Pantai Sine merupakan pantai pasir hitam, dengan pantai yang landai dan ombak yang tidak terlalu besar menjadikan pantai ini sangat cocok untuk anda yang akan berlibur bersama keluarga.

Anda bisa puas bermain pasir dan air laut di pantai ini tanpa harus khawatir adanya hantaman ombak yang besar. Di pantai ini anda bisa melihat aktivitas nelayan melaut. Selain itu anda juga bisa membeli ikan langsung dari nelayan yang baru pulang dari melaut. Pantai Sine terkenal dengan sebutan pantai matahari terbit.

Itu tadi beberapa pantai yang saat ini lagi hits di wilayah Tulungagung. Rangkuman ini bisa menjadi referensi bagi anda yang akan menghabiskan waktu untuk berlibur.(*)

Reporter: Linda Kusuma Wardhani

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here