Beranda Pemerintahan Pemkab Tulungagung Tambah Armada PMK

Pemkab Tulungagung Tambah Armada PMK

BERBAGI

Tulungagung, AGTVnews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulungagung Jawa Timur, menambah sarana mobil Pemadam Kebakaran (PMK) seharga Rp 1,7 miliar. Mobil pemadam jenis terbaru ini memiliki sejumlah kelebihan untuk menambah kekuatan armada PMK Kabupaten Tulungagung.

Kelebihan yang dimiliki mobil ini adalah, mampu melakukan penyemprotan saat berjalan, memiliki kapasitas tangki air sebesar 5000 liter dan dilengkapi dengan empat pipa hydrant. Selain itu mobil ini juga dilengkapi satu ater canon bila secara vertikal mencapai tinggi 40 meter dan semprotan horizontal sejauh 80 meter.

Selain itu kendaraan yang memiliki kapasitas tangki air sebesar 5000 liter ini, juga dilengkapi dengan empat pipa hydrant, dan satu water canon yang memiliki jangkauan semprotan, secara vertikal mencapai tinggi 40 meter, dan semprotan horizontal sejauh 80 meter.

| Baca Juga:  Sidak Dinkes Temukan Takjil Berbahaya

Menurut teknisi mobil damkar, Nugroho, Dengan kapasitas tangki lebih besar dan daya semprot yang lebih kuat, menjadikan kendaraan ini multifungsi, selain fungsi utamanya sebagai kendaraan pemadam.

“Untuk wilayah seluas Tulungagung, mobil pemadam kebakaran ini sangat ideal. Dengan kapasitas air yang lebih banyak, sehingga mobil ini sangat pas digunakan,” ujar Nugroho.

Sementara itu Bupati Tulungagung, Syahri Mulyo berharap dengan bertambahnya armada mobil PMK inidapat meningkatkan kinerja petugas PMK Kabupaten Tulungagung.

“Mobil PMK terbaru ini sudah cukup ideal, meski bagi saya pribadi masih ada yang kurang. Mobil ini belum dilengkapi tangga elektrik jadi tangganya masih yang manual.Mobil ini bisa multifungsi, ya water canonnya ini semprotannya lebih kuat. Kita berharap tidak lagi ada insiden kejadian seperti kemarin,” jelas Bupati.

| Baca Juga:  Rumah Sakit Bhayangkara Kediri Terbakar Ratusan Pasien Dievakuasi

Kendaraan baru ini menambah kekuatan armada yang dimiliki PMK Tulungagung. Saat ini kendaraan yang dimiliki menjadi tiga unit mobil pemadam dan satu unit mobil suplai air. Kekuatan ini akan terus ditambah, mengingat luasan wilayah, dan meningkatnya potensi kebakaran di Tulungagung.

Pada tahun 2017 ini, peristiwa kebakaran di Tulungagung mengalami peningkatan, bila dibanding dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Pada tahun 2016, jumlah kebakaran ada 40-an kasus, sementara di tahun 2017 ini periode Janiari- September telah terjadi kasus sebanyak 38.(*)

Reporter : Wawan Setiawan